Warga Desa Sileang Nikmati Hasil Panen Perdana Sebanyak 60 Ton

Petani Jagung di Humbahas saat memperlihatkan hasil panennya

HUMBAHAS, TOPKOTA.com – Masyarakat Desa Sileang Kecamamatan Doloksanggul Kabupaten Humbanghasundutan dukung pertanian jagung yang saat ini sedang digencarkan oleh penerintah Kabupaten Humbanghasundutan .

Warga melalui Kepala Desa sileang Sularto D Purba mengaku sangat senang dengan adanya program jagung ini dan khususnya masyarakat didesanya karena dampaknya bisa membantu meningkatkan perekonomian warga khususnya warga Desa Sileang, karena sudah menikmati hasil panen jagung perdananya

“Kami dukung program Pemerintah Humbahas, Hasilnya dari perkiraan kami akan bisa tembus hingga 60 Ton bulan ini, dari jagung yang saat ini kami tanam, dan bahkan sudah ada yang panen dan sudah menikmati hasilnya karena sudah panen perdana,” ucapnya.

Op Jois Boru Sihite yang merupakan salah satu petani jagung di Desa ini mengaku, setelah mengetahui program jangung ini dari Kepala Desa ia langsung merintis pertanian jagung yang saat ini sudah ditanamnya dan di prediksi hasilnya nanti bisa memuaskan.

Ditanya tentang kualitas tanaman jagung miliknya, Oppu Jois mengakui memang untuk saat ini dari hasil perdana jagung yang sudah ia panen bisa dikatakan kurang memuaskan dan dimungkinkan karena faktor tanah atau lahan miliknya adalah lahan bukaan perdana dalam pertanian dan menurut sepengetahuanya hal ini sangat wajar dialaminya sama seperti tanaman lain setiap pembukaan lahan pertama.

“Saya kan petani dan kita tau betul karena apa bisa begitu kurang bagus dan itu sudah hal bisa karena pembukaan lahan tersebut masih perdana,” tandasnya.

Bupati Humbanghasundutan Dosmar Banjarnahor, Kepada media ini mengaku kalau untuk pembukaan lahan perdana bisa dimungkinkan kualitas jagung memang kurang memuaskan dan menjelaskan untuk lebih menguntungkan petani nantinya akan ditingkatkan kualitas dengan kelayakan penyuburan lahan.

” Kita akan sampaikan hal ini ke Dinas Pertanian guna menjalin kerjasama dengan masyarakat Desa Sileang, memang benar kalau pembukaan lahan perdana itu hasilnya kurang memuaskan. Nantilah melalui peningkatan kualitas dan kelayakan dan penyuburan oleh Dinas terkait kita sampaikan segera ini di tindak lanjuti khususnya di Desa Sileang,” ujarnya mengakhiri. (SL Gaol)

loading...
https://www.facebook.com/Media-Online-Topkota-635075260029474/