Tumbuhkan Semangat Membaca Sebagai Budaya Generasi Muda di Kabupaten Labusel Tercinta

Pemkab Labusel saat menggelar program semangat membaca di usia dini

Artikel oleh : Zainul Arifin Nasution

LABUSEL, TOPKOTA.com -Masih menjadi ingatan bagi kita khususnya umat Muslim dengan kalimat “IQRA” yang tentang sejarah lahirnya kalimat tersebut pada saat Nabi Muhammad Saw diajarkan oleh Allah SWT melalui Malaikatnya yakni Jibril di bukit Gua Hira.

Dengan adanya sejarah kalimat Iqra tersebut, maka definisi kalimat tersebut antara lain bermakna membaca. Seharusnya sebagai umat Muslim yang sejati harus menjadi tolak ukur penyemangatan untuk mengimplementasikannya di kehidupan sehari-hari.

Seperti pengamatan saya dilapangan khususnya Kab. Labuhanbatu Selatan, minat membaca dari kalangan anak-anak, baik itu tingkat dewasa maupun orang tua sangat jauh kata semangat.  Alasannya adalah bisa jadi karena minat baca kurang digemari.

Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu Selatan sepertinya sudah cukup baik untuk menciptakan daya minat baca bagi masyarakat, yakni dengan sudah membuat ruang baca di daerah tersebut, yakni di ruang Dinas Perpustakaan yang terletak tepatnya tidak jauh dari gedung Santun Berkata Bijak Berkarya (SBBK).

Sarana tersebut sudah cukup lama diakui keberadaannya, namun hingga saat ini para pelajar dari kalangan tingkatan dasar, menengah maupun atas dalam amatan saya masih belum bisa memanfaatkan sarana bacaan yang telah disediakan Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu Selatan tersebut.

Kemudian, yang tidak kalah pentingnya dan patut diapresiasi bahwa baru-baru ini Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu Selatan telah mensosilisasikan minat baca kepada anak usia dini, melalui penanaman minat baca ke Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) maka sudah tentunya akan menciptakan generasi yang berkualitas, berkompeten, cerdas, dan bermartabat di kemudian hari. Amin.

Kemudian kehadiran dari peran media cetak, koran maupun media Online seharusnya sangat bisa membantu menambah karakter minatisme baca masyarakat, khususnya tingkat dewasa maupun orang tua.

Karena seperti kita ketahui peran media massa baik itu media cetak dan media Online tersebut sangat membantu mencerdaskan masyarakat, melalui info-info yang diterbitkannya maka menjadi pengetahuan bagi kita untuk mengetahui peristiwa-peristiwa yang ada di luar daerah Kab. Labuhanbatu Selatan.

Saya juga pernah membaca beberapa artikel dan tidak ada salahnya saya sisipkan ke salah satu artikel ini untuk sebagai tambahan, akan begitu pentingnya semangat membaca untuk membangun kemajuan kualitas masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Membaca bukan merupakan kata yang asing bagi telinga masyarakat. Sampai sekarang, sudah banyak pepatah-pepatah bijak tentang membaca, namun kegiatan membaca itu sendiri semakin jarang dilakukan oleh masyarakat.

Jika hal ini berkelanjutan secara-terus menerus, tentu saja budaya membaca itu sendiri akan memudar sampai akhirnya budaya membaca akan hilang dari diri masyarakat. Keadaan ini sungguh sangatmemprihatinkan.Budaya membaca dapat ditingkatkan dengan berbagai cara, salah satunya ialah memberitahukan fungsi dari membaca itu sendiri. Berikut dipaparkan beberapa fungsi membaca

  1. Membaca merupakan suatu gerbang untuk mencapai kesuksesan. Mengapa demikian? Karena dengan membaca kita dapat menambahilmu serta wawasan, dengan begitu kita dapat mencapai gerbang kesuksesan dengan mudah. Tentu saja kita semua ingin menjadi orang sukses, maka dari itu kita harus membudidayakan budaya membaca sedini mungkin.
  2. Membaca juga merupakan alat untuk menjelajah dunia . Hanya dengan membaca kitadapat mengetahui,mengenal, merasakan dunia tanpa harus benar-benar pergi keliling dunia.   Kita hanya perlu membaca buku-buku mengenaisejarah-sejarah dunia, budaya-budaya yang ada di dunia,dll.
  3. Membaca menuntun kita untuk menjadikan negara kita menjadi negara yang maju. Karena dengan banyak membaca, kita bisa menjadi orang yang cerdas.

Dengan menjadi orang yang cerdas kita bisa membangun negara kita menjadi negara yang terpandang, negara yang tidak diremehkan, dan negara yang diakui karena kehebatannya.

Untuk itu budaya membaca sangat dibutuhkan. Tanpa budaya membaca kita akan sulit untuk mencapai sebuah kesuksesan. Tanpa budaya membaca kita juga tidak bisa dengan mudah menjelajah dunia. Tanpa budaya membaca negara kita tidak akan pernah menjadi negara maju, negara kita akan selalu tertinggal, baik dari segi teknologi, ekonomi, pendidikan, dan sebagainya. Mulailah membaca sedini mungkin, tidak ada kata terlambat untuk membudidayakan budaya membaca, ingatlah kata pepatah, Knowledge Is Power, karena Pengetahuan adalah kekuatan, dengan budaya membaca maka pengetahuan akan menjadi sumber kekuatan yang disegani lawan maupun kawan serta cerdas membangun kemajuan kekuatan di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

loading...
https://www.facebook.com/Media-Online-Topkota-635075260029474/