Tipikor Poldasu Dikabarkan Tangkap Kadis Pertanian Palas, 1,8 M Diamankan

Barang bukti yang diamankan

PALAS, TOPKOTA.com – Subdit III Tipikor Ditreskrimsus Poldasu berhasil membongkar praktik dugaan korupsi di Kabupaten Padang Lawas Selatan (Palas). Dalam operasi tersebut, Kepala Dinas Pertanian AN beserta anggotanya diboyong. Selain itu Poldasu juga mengamankan uang senilai Rp 1,8 M untuk dijadikan barang bukti.

Informasi yang dihimpun wartawan, selain Kadis, tiga anggotanya dan kelompok tani yang diamankan yakni MHH sebagai Kabid Tanaman pangan dan Horikultural, JPS (Dinas Pertanian Kasi Produksi), AR (staf), IMR, ANH dan DS.

Para tersangka,disangkakan dalam dugaan tindak pidana Korupsi Pemotongan Dana Bantuan terhadap Kelompok Tani terkait kegiatan fasilitas Penerapan Budaya Padi dan Pala Wija Dinas Pertanian Kabupaten Padang Lawas Tahun Anggaran 2018.

Modus operandi yang dilakukan para tersangka yakni setelah uang diterima di rekening tabungan kelompok tani, para kelompok tani diarahkan menemui JPS (Dinas Pertanian- Kasi Produksi) dan memberikan uang dengan alasan untuk pembelian bibit serta pupuk, namun tidak ada aturan yang mengatur tentang pembelian pupuk.

Ironisnya,yang dilakukan oleh pihak Dinas Pertanian juga tidak ada persetujuan antara kelompok Tani dengan pihak Dinas Pertanian Kabupaten Padang Lawas , bahwa yang melakukan pembelian bibit dan pupuk adalah Pihak Dinas Pertanian Kabupaten Padang Lawas.

Terungkapnya kasus OTT pada Kamis (9/8/18) sekira pukul 14.30 Wib di Jalan Hasahatan Julu Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. Dari lokasi barang Bukti yang berhasil diamankan uang tunai berjumlah Rp 1 Milyar, buku rekening berisi uang sejumlah Rp. 800 jutadengan total keseluruhan Rp. 1,8 M.

Selain uang tunai, Leptop merek HP berwarna putih, hardisk berwarna abu-abu, Handphone Oppo berwarna hitam, Handphone Samsung berwarna putih juga turut diamankan.

Sementara Direktur Ditreskrimsus Poldasu Kombes Pol Toga Habinsaran Panjaitan yang dihubungi wartawan melalui telephon seluler tidak mengangkan, begitu juga dengan Kasubdit III Tipikor AKBP Doni Sembiring yang belum memberikan keterangan terkait adanya kasus dugaan korupsi tersebut. (Ayu)

https://www.facebook.com/Media-Online-Topkota-635075260029474/