Tiga Pelaku Curanmor Ditangkap Polsek Patumbak, Dua Ditembak

Kanit Reskrim Polsek Patumbak Iptu Budiman saat memperlihatkan tersangka dan barang bukti.

MEDAN, TOPKOTA.com – Tiga dari dua pelaku pencurian sepedamotor yang kerap beraksi dan meresahkan warga di wilayah hukum Polsek Patumbak tersungkur dan menjerit kesakitan diterjang timah panas Tim Pagasus Polsek Patumbak

Adapun kedua tersangka yang terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas yakni Khairul Pratama (26) warga Jalan Sejati Gang Sarajepo Patumbak, dan Heru Nur Sahputra (26)  warga Jalan Purwo Dusun 4 Gang Sedap Malam Kecamatan Patumbak. Sedangkan Rizky Yudha (18) warga Jalan Sari Pasar 5 Patumbak Kecamatan Patumbak yang ditangkap ditempat terpisah tidak ditembak Polisi karena tidak melawan saat hendak dibekuk.

Kapolsek Patumbak AKP Ginanjar Fitriadi didampingi Kanit Reskrim Iptu Budiman Simanjuntak, Kamis (18/10) dalam keterangan persnya mengatakan, ketiga tersangka ditangkap setelah polisi menerima laporan korbannya bernama Suheri (45) warga Jalan Sejati Gang Mesjid Dusun IV Desa Marindal I Krcamatan Patumbak Kabupaten Deliserdang. “Korban datang ke Polsek Patumbak sekira 14 Oktober 2018 dan membuat laporan pengaduan dengan nomor LP/X//2018/SU/RESTABES-Sek-Patumbak,” ujarnya.

Dikatakannya dalam laporannya, korban menceritakan sekira pukul 05.00 Wib, korban terbangun dari tidurnya dan melihat pintu gerbang sudah dalam keadaan terbuka dan  gemboknya rusak. Selanjutnya korban melihat  pintu garasi rumahnya untuk melihat sepedamotor Yamaha Scorpio BK 3512 SQ sebelumnya terparkir di garasi tersebut. Setelah di cek, korban tidak lagi menemukan kenderaannya lagi. Atas kejadian itu, korban mengaku mengalami kerugian Rp.16 juta, dan langsung membuat laporan ke Mapolsek Patumbak.

Setelah menerima laporan korban Lanjut Kanit, petugas Reskrim Polsek Patumbak langsung melakukan penyelidikan dan selanjutnya.menangkap pelaku utama Kahirul Pranata dan Heru Nur Sahputra di tempat tongkrongannya di kawasan Marindal I, Patumbak. “Setelah menerima laporan dan melakukan penyelidikan, kedua tersangka yakni Khairul Pratama dan Heru Nur Sahputra berhasil kita tangkap,” kata Kanit.

Selanjutnya kedua tersangka dibawa untuk dilakukan pengembangan terhadap tersangka yang lainnya, yakni tersangka Rizky Yudha. Namun pada saat dilakukan pengembangan, kedua tersangka Khairul dan Heru mencoba melarikan diri sehingga keduanya diberikan tindakan tegas dan terukur dengan cara ditembak dibagian kaki.

“Kedua tersangka  Khairul dan Heru mencoba melarikan diri saat dibawa untuk dilakukan pengembangan, kita telah melakukan tembakan peringatan ke udara, namun tak di indahkan, sehingga kita terpaksa melakukan tindakan tegas dan terukur dengan cara menembak bagian kakinya,” sebut Kanit.

Setelah ketiga tersangka berhasil diamankan, selanjutnya  kedua tersangka yang diberi tindakan tegas dan terukur dengan cara metembak pada bagian kakinya langsung di bawa ke rumah sakit Bhayangkara Medan untuk mendapat perawatan medis

Sementara dari hasil pemeriksaan diketahuilah ketiga tersangka merupakan residivis dan juga ketiganya dalam melakoni aksi kejahatannya mempunyai peranan masing-masing Khairul dan Heru bertindak sebagai eksekutor (masuk ke rumah korbannya). Sedangkan Rizki Yudha bertugas sebagai pemantau situasi. “Ya Khairul dan Heru bertindak sebagai eksekutor (masuk ke rumah korbannya). Sedangkan Rizki Yudha berperan sebagai pemantau situasi,” sebut Kanit menambahkan

Dijelaskannya dari ketiga tersangka barang bukti yang berhasil diamankan yakni satu unit sepedamotor Yamaha Mio warna hitam BK 5203 ABC. “Untuk ketiga pelaku kita persangkakan melanggar pasal 363 ayat (1), (2), dan (3) dengan ancaman maksimal 7 tahun penjara,” pungkas Kanit.(Put/Ayu)

https://www.facebook.com/Media-Online-Topkota-635075260029474/