Tanggapi Keluhan Warga, Bupati Karo Tinjau Gorong-gorong Tersumbat di Berastagi

Bupati Karo Terkelin Brahmana saat meninjau langsung gorong-gorong di seputar jalan Kejora Gang Abdi. (foto/dok)

BERASTAGI, TOPKOTA.com – Bupati Karo Terkelin Brahmana, didampingi Thomas Joverson Ginting Anggota DPRD Karo dan Kepala Bappeda Karo Nasib Sianturi serta Camat Berastagi Mirton Ketaren, meninjau langsung saluran parit berupa gorong-gorong di jalan Kejora Gang Abdi Lembah Prihatin, Selasa (9/10).

Peninjauan tersebut akibat warga yang mengeluh akan saluran air mereka selama ini yang disinyalir tumpat akibatk menumpuknya sampah sampah. Selain itu apabila hujan turun melanda kawasan jalan tersebut air meluap menggenangi badan jalan dan mengakibatkan banjir.

“Penyebab tertutupnya gorong-gorong dengan kedalamnya 1,5 meter, dan diperkirakan lebarnya  1 meter akibat luapan sampah yang terbawa arus air hujan sehingga menyebabkan banjir di kawasan tersebut,” kata Terkelin.

Oleh sebab itu, kata Terkelin, kedepan Pemkab akan berusaha membuat Jerjak dari besi yang akan dipasang di selokan tikungan parit, agar sampah terkontrol tidak langsung masuk melewati parit gorong-gorong yang mengakibatkan tumpatnya aliran air.

Terkelin Brahmana berjanji, akan memanggil pihak dinas terkait PUPR Karo guna melakukan pembersihan parit tersebut.” Dan kita mencari tau asal muasal datangnya air, sehingga dapat terjangkau debit air yang masuk,” ujarnya.

Evia (50) warga sekitar yang tinggal hanya berjarak 5 meter dari parit gorong-gorong tersebut terlihat meluapkan keluhannya kepada Bupati Karo, karena rumahya kerap didera banjir apabila hujan melanda Kota Berastagi.

“Kami selaku warga di sini sudah kerap melaporkan kejadian ini kepada Kepling hingga sampai ke Camat Berastagi, tetapi tidak ditanggapi,” kata Ibu Evi.

Dijelaskan nya, warga Gang Abdi Lembah Prihatin sudah dua kali kami mengajukan Proposal ke Camat Berastagi, mulai dari tahun 2014, dan tahun 2016. Tetapi tidak ada tanggapan sama sekali.

Sementara Camat Berastagi Mirton Ketaren megatakan, terkait adanya proposal warga untuk pengajuan perbaikan parit gorong-gorong sejak tahun 2014 dan tahun 2016 memang sudah ada diterima oleh pihaknnya.(John Ginting)

https://www.facebook.com/Media-Online-Topkota-635075260029474/