Tahun ini, Kabupaten Humbahas Terima 105 Milyar Anggaran Dana Desa

Kabid Anggaran BPKPAD Maradu Napitupulu

HUMBAHAS, TOPKOTA.com – Anggaran dana desa yang diterima Kabupaten Humbang Hasundutan untuk tahun ini sebesar 105 Milyar lebih.bila dibandingkan dengan tahun yang lewat, anggaran dana desa tahun ini mengalami penurunan sebesar sekitar 12 milyar , dimana tahun 2017, anggaran dana desa sebesar 117 Milyar Lebih, hal ini di akibatkan berkurangnya pendapatan negara.

Demikian diungkapkan Kepala badan BPKPAD (Badan Pengelolaan Keuangan Dan Pendapatan Aset  Daerah) John Harry Marbun  melalui Kabid Anggaran Maradu Napitupulu di ruang kerjanya, Selasa (13/3).

Maradu menambahkan, pencairan dana desa untuk tahap pertama akan dicairkan bulan Maret ini sebanyak 20 % atau sekitar 21 Milyar lebih,   hanya saja untuk saat ini,  masing-masing desa belum menyerahkan Perdes (Peraturan Desa) dan Apbds (Anggaran Pendapatan Belanja Desa) kepada Bupati melalui BPMDP2A.Pada hal, Perdes dan  Apbds  merupakan syarat utama untuk pencairan dana desa.

Pun demikian, pihaknya sudah menyurati dan mendesak  BPMDP2A (Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perempuan Dan Perlindungan Anak) agar Perdes dan Apbds setiap desa secepatnya untuk di serahkan agar pencairan dana desa tahap pertama dapat di cairkan.

Ditambahkanya, untuk pencairan dana desa tahun ini akan di bagi tiga tahap, yakni untuk tahap pertama akan di salurkan sebanyak 20% , tahap ke dua sebanyak 40% dan tahap ke tiga sebanyak 40 %  berdasarkan perubahan PMK (Peraturan Menteri Keuangan) Nomor 112 Tahun 2017 Tentang transfer ke daerah dana desa.(S.Lg).

https://www.facebook.com/Media-Online-Topkota-635075260029474/