Soal Cakades, Warga Kosik Putih Demo Kantor Bupati Paluta

Warga saat berunjuk rasa.

PALUTA, TOPKOTA.com – Sebanyak 50-an orang warga Desa Kosik Putih Kecamatan Simangambat Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melakukan aksi unjuk rasa didepan Kantor Bupati Paluta, Senin, (7/10).

Dalam aksinya itu, warga mempertanyakan tentang lolosnya mantan Kepala Desa Kosik Putih dalam tahapan seleksi calon kepala desa (cakades) yang akan berlangsung pada bulan November mendatang.

Warga menduga, panitia seleksi calon kepala desa di kabupaten, tidak selektif dalam menentukan dan meloloskan calon kepala desa dalam tahapan seleksi tersebut.

Dalam aksi unjuk rasa yang berlangsung saat itu, warga meminta Bupati Paluta agar memperhatikan sistem demokrasi yang ada di kabupaten paluta yang menurut mereka adanya kecurangan dalam tahapan seleksi Pilkades di Desa Kosik Putih.

Warga juga menduga adanya salah seorang calon kepala desa yang diduga telah mengangkangi  UU No 17 tahun 2016 tentang perlindungan anak, sehingga membuat warga menuntut Dinas PMD agar bertanggung jawab atas tindakan yang dilakukan oleh oknum cakades tersebut.

Selain itu, warga juga meminta agar oknum yang melanggar undang-undang tersebut segera dipanggil dan diperiksa, dan yang terakhir warga meminta agar pihak kepolisian mengusut tuntas terkait kasus yang beredar supaya demokrasi dapat berjalan dengan baik.

Pantauan media, awalnya unjuk rasa dilakukan didepan kantor Dinas PMD yang disambut langsung oleh Kadis PMD Ihpan Siregar, dan selanjutnya massa melanjutkan aksinya didepan kantor Bupati Paluta.

Tak puas sampai disitu, kemudian massa melanjutkan aksinya ke kantor DPRD Paluta, dengan pengawalan ketat dari Kepolisian dan Satpol PP, massa akhirnya disambut oleh perwakilan dari DPRD Paluta. (IS).

https://www.facebook.com/Media-Online-Topkota-635075260029474/