Sekolah Bakal Ditutup Perusahaan, Pendidikan Murid SD Swasta di Kampung Rakyat Terancam

Terlihat murid SD Swasta Tolan II kebun Perlabian, Kec. Kampung Rakyat, Kab. Labusel berharap agar sekolahnya jangan ditutup oleh perusahaan.

LABUSEL, TOPKOTA.com – Sekolah Dasar (SD) Swasta Tolan II Kebun yang terletak di Desa Perlabian Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan rencananya akan ditutup oleh perusahaan, rencananya keseluruhan siswa SD tersebut akan dipindahkan atau ditutup oleh perusahaan.

Riwayat singkat Sekolah Dasar Swasta Tolan II tersebut sudah berdiri 50 Tahun lebih, dimana siswa yang telah tamat dari sekolah tersebut sudah banyak yang berprestasi.

Info yang didapat dari Tokoh Pers Labusel Sholawat Lubis, Jum’at, (20/7) bahwa saat ini jumlah siswa murid SD Swasta Tolan II pada tahun ajaran 2017-2018 ini sebanyak 67 siswa yang terdiri dari siswa kelas 1 sampai kelas 6, yakni siswa dikelas 1 sebanyak 14 orang, kelas 2 sebanyak 10 orang, kelas 3 sebanyak 12 orang, kelas 4 sebanyak 10 orang, kelas 5 sebanyak 12 orang, kelas 6 sebanyak 9 orang Tahun ajaran 2017-2018.

Sementara jarak sekolah yang akan ditutup oleh perusahaan ke sekolah yang akan dipindahkan sejauh lebih kurang 2 Kilometer.

Terlihat antusias murid-murid di Sekolah Swasta tersebut begitu semangat dalam menimba ilmu di sekolah tersebut, diketahui semua pelajar di sekolah tersebut terdiri dari anak-anak karyawan PT. Tolan III indonesia, dan sebahagian masyarakat perkampungan Dusun Aek Korsik, Desa Pekan Tolan yang selama ini kampung tersebut dekat disekitar perusahaan.

Sebelumnya pihak perusahaan melalui Estate Managernya Afandi telah membuat permohonan kepada pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Sementara pihak Dinas Pendidikan Kab. Labusel menyampaikan balasan, melalui suratnya pihak terkait tersebut mengatakan agar pihak perusahaan dapat mematuhi poin-poin yang semestinya.  Diantara poin-poin tersebut adalah agar PT. Tolan III indonesia wajib menyampaikan kepada sekolah dan orang tua/wali siswa tentang penutupan Yayasan Pendidikan SD swasta Tolan III agar pihak perusahaan dapat mengambil langkah-langkah selanjutnya dibuktikan dengan bukti penerimaan orang tua.(Zainul)

https://www.facebook.com/Media-Online-Topkota-635075260029474/