Puluhan Supir Truck di Pelabuhan Belawan Demo Kantor PT Pelindo 1 Pusat

Para sopir saat melakukan aksi unjuk rasa.

MEDAN, TOPKOTA.com – Persatuan Supir Truck Pelabuhan (PSTP) Belawan menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor PT Pelindo I Pusat Jalan Pelabuhan Raya Kecamatan Medan Belawan. Senin (9/9).

Ratusan para sopir truk serta unsur pengurus PSTP, berunjuk rasa dengan mengendarai puluhan sepeda motor serta satu unit mobil pick up mendatangi sejumlah perusahaan di Kawasan Industri Medan (KIM), Jalan KL Yos Sudarso dan Pelabuhan Belawan PT Pelindo I Pusat.

Mereka menuntut santunan kepada pengemudi truk yang mengalami kecelakaan kerja, meninggal dunia maupun telah pensiun.

Ketua DPP PSTP Belawan Jonson Butar Butar mengatakan, ada 20 perusahaan pengangkutan di kawasan Pelabuhan Belawan yang mengabaikan hak pengemudi truk untuk mendapatkan santunan. “Seperti meninggal dunia karena sakit maupun kecelakaan kerja maupun yang sudah pensiun, sesuai dengan ketentuan yang berlaku, tetapi hanya diberikan santunan seadanya,” katanya.

Lanjut Jonson, saat ini masih banyak pengemudi truk pengangkut peti kemas yang belum diikutsertakan dalam BPJS Ketenagakerjaan. “Jumlah sopir truk yang tidak mendapat santunan ada sebanyak 27 orang, namun hingga kini beberapa perusahaan transportasi angkutan jasa kontainer tidak ada merealisasikan tuntutan mereka,” ucapnya.

Jonson menjelaskan, selama ini pihaknya hanya sifatnya mediasi di Disnaker, namun belum ada titik temu untuk menyelesaikan santuan kepada sopir. “Makanya, Hari ini sampai tiga hati kedepan kami akan terus demo sampai tuntutan kami direalisasi,” jelasnya.

Menyikapi aksi unjuk rasa tersebut pihak manajemen PT Samudera Logistik, dan PT Pelindo I melakukan pertemuan dengan sejumlah perwakilan pengemudi truk serta pihak keluarga korban, namun dalam pertemuan tersebut belum ada keputusan dari pihak perusahaan terhadap tuntutan para pengunjuk rasa. (Ayu).

https://www.facebook.com/Media-Online-Topkota-635075260029474/