Ikatan Jurnalis Medan Utara Minta Jaksa Pemeras di Cabjari Belawan Ditindak

Erni Rahayu, S.Sos Pimred Media Online Topkota (Baju Biru) bersama wartawan Medan Utara saat melakukan aksi unjuk rasa di Cabjari Belawan

BELAWAN, TOPKOTA.com – Belasan wartawan yang tergabung dalam wadah Ikatan Jurnalis Medan Utara (IJMU) melakukan unjuk rasa di halaman Cabang Kejaksaan Negeri Deliserdang di Labuhandeli Jalan Titi Ppahlawan/Kejaksaan Simpang Kantor, Medan Labuhan, Senin (16/4).

Aksi yang dilakukan IJMU sebagai sikap protes atas sikap penganiayaan terhadap keluarga wartawan berinisial AS (26) warga Sambirejo Kecamatan Pecut Seituan yang menjadi tersangka dalam kasus tindak kekerasan yang baru dilimpahkan kasusnya dari kepolisian ke ke Cabang Kejaksaan Negeri Lubuk Pakam di Labuhandeli.

Oknum Cabjari Lubuk Pakam di Labuhandeli yang melakukan penganiayaan itu adalah FS, pada tanggal 10 April 2018, kata Sukriadi Lubis Bapak mertua AS yang menjadi korban penganiayaan.”Kami minta oknum FS ditindak oleh Kacabjari, baik secara administrasi maupun tindak pidana,” ujar Rahman dalam aksi tersebut.

Aksi damai solidaritas itu dilakukan sejumlah wartawan dengan membentangkan sejumlah poster yang terbuat dari karton berisikan sejumlah tuntutan diantaranya meminta agar FS ditindak tegas, tindak oknum petugas pemeras keluarga tersangka serta tuntutan lainnya.

Aksi tersebut sempat membuat sejumlah petugas Polsek Medan Labuhan melakukan pengamanan dipimpin langsung Kapolsek Kompol Endris Tambubolon hingga akhirnya Kepala Kacabjari Labuhandeli diwakili Hamonangan P Sidauruk menemui para pengunjuk rasa.

Hamonangan mengatakan, apa yang menjadi tuntutan para pengunjuk rasa akan disampaikan ke Kacabjari, karena pimpinannya masih cuti dan kembali akan disampaikan minggu depan, namun Hamonangan menerima tiga orang perwakilan.

Sementara Pemimpin Redaksi Topkota.com Erni Rahayu S. Sos yang ikut dalam barisan aksi demo damai tersebut mengatakan tidak seharusnya seorang jaksa melakukan tindakan pemerasan terhadap keluarga tersangka dikarenakan Jaksa merupakan penegak hukum yang seharusnya mengayomi masyarakat bukan malah terlibat dalam tindakan kriminal. (Tidak sepantasnya oknum Jaksa melakukan pemerasan, apalagi yang diperas ini keluarga wartawan, Jaksa itu seharusnya mengayomi masyarakat, lindungi masyarakat, sebagai penegak hukum harus bersifat netral dan adil. Oleh karena itu Kacabjari Belawan diminta mengevaluasi kinerja Jaksa pemeras tersebut, dan segera tindak jika terbukti bersalah. Begitu juga pihak Kepolisian kami minta untuk mengusut tuntas kasus pemerasan ini,” ujarnya. (Ayu)

https://www.facebook.com/Media-Online-Topkota-635075260029474/