Polsek Delitua Ungkap Keberadaan Pencuri Mobil Melalui Handphone

Kapolsek Delitua saat menginterogasi pelaku pencurian mobil.

MEDAN, TOPKOTA.com – Polsek Delitua berhasil membongkar pencurian mobil dengan cara menyadap handphone yang dicuri pelaku. Dari handphone tersebut, personil Kepolisian mengetahui lokasi pelarian pelaku dan berhasil melakukan penangkapan.

Informasi yang dihimpun wartawan pelaku yang diamankan yakni Loppo Harahap (36) warga Pekanbaru Provinsi Riau dan Zainul Insan (25) warga Dusun I Pematang Ganjang Kiri Kecamatan Sei Rampah. Keduanya dibekuk di Jalan Lintas Sumatera Sei Rampah tepatnya di seberang SPBU Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai, Senin (10/9) sekira pukul 20.00 Wib.

Kapolsek Delitua Kompol BL Malau yang dikonfirmasi wartawan, Kamis (13/9) membenarkan penangkapant tersebut. Menurutnya pelaku telah dilaporkan Jujur Lumban Tobing ke Polsek Delitua karena telah kehilangan mobil Avanza.

“Dari pelaku berhasil diamankan barang bukti berupa 1 unit mobil Toyota Avanza warna Hitam BK 1921 WJ, 1 unit kunci mobil Avanza BK 1921 WJ, 1 lembar STNK mobil Avanza BK 1921 WJ, 1 buah dompet warna Coklat, 1 unit Hp Lenovo warna Hitam, 1 unit Hp Xiomi warna Siver., 2 unit Power Bank, uang tunai Rp. 208.000 dan 1 unit Gunting milik pelaku yang digunakan untuk membuka baut jendela kamar kontrakan korban,” ujarnya.

Perwira berpangkat satu melati emas ini menambahkan, terungkapnya aksi pencurian pelaku ketika korban menghubungi piket 7.0 Delta melalui piket SPKT, Senin (10/9) sekira pukul 13.00 Wib bahwa mobil korban yang diparkir di garasi Kos-kosannya Jalan Jamin Ginting hilang dicuri Maling.

“Mendapat informasi tersebut, Piket 7.0 Bersama korban turun Ke TKP  untuk melakukan cek Tkp. Hasil cek Tkp bahwa kejadian tersebut benar dan pelaku masuk ke dalam kamar korban dengan cara merusak baut jendela kamar.  Di dalam kamar pelaku berhasil mengambil Hp, dompet dan kunci mobil yang terletak di samping tempat korban tidur,” ujar Kapolsek.

Lanjut Kapolsek, korban juga mencurigai tetangga seberang kamarnya, dikarenakan begitu mobil korban hilang,  tetangganya juga tidak berada ditempat dan meninggalkan kunci kamarnya. “Piket 7.0 kemudian mengarahkan korban untuk membuat Laporan Polisi ke Polsek Delitua. Kemudian sekira Pukul 17.00 Wib diterima Informasi dari korban bahwa posisi Hp Xiomi yang diambil pelaku aktif dan di cek melalui Email HP tersebut posisinya di Jalan Lintas Sumatera di Seputaran SPBU Sei Rampah,” ujar Kapolsek.

Informasi yang berharga itu langsung direspon cepat oleh Polsek Delitua. Unit Reskrim Delitua yang dipimpin Panit Luar Iptu Idem Sitepu bersama korban langsung meluncur ke lokasi yang dimaksud. “Sekira pukul 19.30 Wib, tim sampai di SPBU dan melihat mobil korban diparkirkan di dekat toilet SPBU. Namun Tim tidak langsung melakukan penggerebekan dan hanya memantau terlebih dahulu. Sekira pukul 20.00 Wib tim melihat seorang laki-laki berjalan diseberang SPBU dengan kondisi agak pincang, dan menurut korban, laki-laki tersebut tetangga Kos seberang kamarnya yang dicurigai telah melakukan pencurian,” ujar Kapolsek.

Saat Tim Kepolisian hendak melakukan penangkapan, ternyata pelaku menyadarinya dan hendak melarikan diri, namun berkat kesigapan petugas akhirnya pelaku dapat diamankan. “Dari kantong celana depan pelaku didapat kunci mobil dan Uang Rp. 208.000 sisa hasil penjualan Hp, dari kantong jaket ditemukan 1 buah Hp Lenovo . Kemudian Tim melakukan intergoasi dan pelaku mengakui perbuatanya,” ujar Kapolsek.

Dari keterangan pelaku diketahui juga bahwa Hp Xiomi sudah sempat dijual di Konter Hp diseberang SPBU. Petugas kemudian hendak memburu penadah Hp tersebut yakni Zainul Insan. Namun saat petugas lengah melakukan penangkapan, kesempatan tersebut digunakan Lappo untuk melarikan diri. “Saat dilakukan pengembangan terhadap penadah Zainul Insan yang berhasil diamankan ditempatnya bekerja, tersangka utama Lappo Harahap berusaha Melarikan diri sehingga petugas melakukan tindakan tegas dan terukur terhadap Tersangka. Tersangkapun roboh dan langsung diboyong ke Rumah Sakit Bayangkara Medan untuk dilakukan pertolongan. Saat ini kedua tersangka sudah diamankan di Mako Polsek Delitua guna sidik Lanjut,” ujar Kapolsek. (Ayu)

https://www.facebook.com/Media-Online-Topkota-635075260029474/