Polresta Pekanbaru Bongkar Home Industry Miras Oplosan Merk Whisky

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto.SIK.SH.MH didampingi Kompol Angga Herlambang SIK SH dan Kanit Reskrim Abdul Salim SE saat menggelar Konfrensi Pers terkait Miras Oplosan

PEKANBARU, TOPKOTA.com – Beredarnya Minuman Keras (Miras) Oplosan di Kota Pekanbaru Provinsi Riau kian menghawatirkan, apalagi miras oplosan ini sudah dipastikan tidak sehat untuk dikonsumsi dikarenakan proses pembuatannya tidak memiliki izin dan diduga asal jadi.

Untuk mencegah peredaran miras oplosan ini, Polresta Pekanbaru melakukan penyelidikan, dan hasilnya ratusan botol miras berhasil diamankan dari Home Industry di Jalan Singgalang Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru.

Kapolresta Kombes Pol Susanto.SIK.SH.MH didampingi Kompol Angga Herlambang Sik SH dan Kanit Reskrim Abdul Salim SE saat ditemui wartawan, Senin (19/3) mengatakan bahwa ribuan miras oplosan ini bermerk Whisky Mansion House. Selain menyita ribuan botol miras pihaknya juga mengamankan seorang tersangka berinisial MP.

“Adapun barang bukti yang disita yakni satu unit mesin pres tutup botol, satu unit mesin Filter Air, satu buah drum berwarna biru, lima ratus empat botol minuman merek Whisky Mesion House, seribu botol kosong yang sudah diberi merek Wisky Mension House, satu unit mini tank kosong warna merah, seratus lima puluh karton baru, tujuh ribu label minuman Mension House, delapan ribu enam ratus tutup botol warna hitam, dua ribu tutup botol warna merah, empat unit stempel, satu unit alat pencetak registrasi nomor terbuat dari besi, satu unit alat pembuat tanggal, sebelas buah botol tinta warna isi ulang, dua buah bantalan stempel dan satu goni penyekat botol,” ujarnya.

Lanjut perwira berpangkat tiga melati emas ini bahwa terungkapnya lokasi pabrik miras oplosan ini berdasarkan info dari masyarakat kepada anggota Polsek 50 dilapangan adanya Home Industri pembuatan minuman keras oplosan di Jalan Singgalang Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru. “Kemudian hal ini dilaporkan kepada Kapolsek 50 Kota Pekanbaru Kompol Angga Herlambang Sik SH dan kemudian Kapolsek 50 memerintahkan agar dilakukan pengrebekan atas laporan dari masyarakat tersebut,” ujarnya.

Sekira, Rabu (28/2)  jam 10.00 Wib, Team Opsnal Polsek 50 melakukan penggrebekan terhadap sebuah Ruko di Jalan Singgalang Kecamatan Tenayan Raya dan ditemukan adanya alat-alat dan bahan-bahan pembuat minuman keras oplosan yang sudah selesai dibuat dan siap untuk diedarkan. “Dari tempat itu juga diamankan satu orang berinisial MP yang sedang melakukan aktifitas memindahkan minuman keras oplosan tersebut,” ujarnya.

Dari pengakuan MP bahwa aktifitas pembuatan miras oplosan ini sudah berjalan selama empat bulan dan sudah diedarkan di warung-warung sekitar Kota Pekanbaru,  selain di Kota Pekanbaru mereka juga mengedarkan sampai ke Provinisi Jambi.

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto SIK SH MH juga menyampaikan akan mengejar dan mengungkap jaringan pembuatan miras oplosan tersebut agar jaringannya tidak meluas, dikarenakan hasil uji tes oleh Balai Pom menyatakan bahwa kadar Metanol dari miras oplosan merek Wisky Mension House tersebut jauh dari ambang batas wajar yaitu 1.4833 % sedangkan dalam miras tersebut mengandung kadar Metanol sebesar 7.3945 % yang yang sangat berbahaya bagi kesehatan. (Joni)

https://www.facebook.com/Media-Online-Topkota-635075260029474/