Polres Simalungun Ungkap Spesialis Pencurian Dalam Mobil di Jalinsum Siantar-Prapat

Waka Polres Simalungun Kompol Zulkarnaen Pane didampingi Kasat Reskrim AKP Poltak YP Simbolon SIK, KBO Reskrim Iptu Masrianto dan Kanit Jatanras Polres Simalungun Iptu Hengky B. Siahaan SH saat memperlihatkan tersangka dan barang bukti di lapangan olah Raga Kompleks Aspol (asrama polisi) Jalan Sangnawalauh Kecamatan Siantar Timur Kota Pematang Siantar.

SIMALUNGUN, TOPKOTA.com – Polres Simalungun akhirnya berhasil mengungkap aksi pencurian yang meresahkan pengguna mobil di jalan lintas umum Siantar-Prapat.

Waka Polres Simalungun Kompol Zulkarnaen Pane didampingi Kasat Reskrim AKP Poltak YP Simbolon SIK., KBO Reskrim Iptu Masrianto dan Kanit Jatanras Polres Simalungun Iptu Hengky B. Siahaan SH saat diemui wartawan mengatakan pihaknya telah mengamankan 4 orang pelaku pencurian. “masing masing pelaku bernama inisial LS alias Karetek (46), RS (45), DL (35) dan JT (26). Saat ini keempat pelaku sudah dijebloskan ke penjara,”ujarnya saat menggelar prees release di lapangan olah Raga Kompleks Aspol (asrama polisi) Jalan Sangnawalauh Kecamatan Siantar Timur Kota Pematang Siantar, Rabu (12/9).

Lanjut Wakapolres, adapun korban dari ke 4 pelaku ini adalah  SN Boru Manullang SPd (58) seorang  PNS yang tinggal di Jalan Sait ni Huta Lumban Purba Kecamatan Dolok Sanggul Kabupaten Humbahas dan  R. Manurung (38) warga Gank Slebes No 16 Kecamatan Belawan Kota Medan.

Dijelaskan Waka Polres Kompol Zulkarnaen Pane, kasus pencurian ini terjadi pada waktu yang berbeda, yang pertama menimpa SN Manullang di Jalan Lintas Parapat, daerah Pondok Bulu Kec. Dolok Panribuan Kab. Simalungun pada Rabu 22 Agustus lalu sekira pukul 23.30, saat itu korban SN naik mobil penumpang dari Medan Menuju Dolok Sanggul.

Yang kedua pada Sabtu 1 September 2018 pukul 11.40 Wib juga di jalan lintas Parapat KM 20 Nagori Dolok Pardamean Kec. Dolok Panribuan, Kab. Simalungun. Waktu itu korban R. Manurung dalam perjalanan dari Parapat Menuju Pematang Siantar.

Sementara Kasat Reskrim AKP Poltak YP. Simbolon, S.I.K., menjelaskan kronologis singkat penangkapan terhadap keempat pelaku bermula telah diamankan tersangka LS alias Karetek yang merupakan otak pelaku, ketika hendak menuju rumah Kosannya diaerah Tebing Tinggi pada Rabu 05 September 2018, kemudian secara beruntun tersangka RS, DL dan JT diringkus di rumah masing-masing daerah Koya Pematang Siantar.

Kasat menambahkan, barang bukti yang berhasil diamankan saat penangkapan terhadap pelaku adalah, 1 Kalung Emas 24 karat seberat 38 gram, 1 buah mainan kalung jenis Permata, 1 pasang Anting jenis Berlian dan 1 unit Smartphone merk Samsung. Sedangkan barang bukti uang sudah habis dibelanjakan para pelaku. Terhadap ke empat pelaku dipersangkakan melanggar Pasal 363 KUHAP Ayat 1 ke 4e jo Pasal 65 dengan ancaman 9 Tahun Penjara. Jelas Kasat Reskrim.

Diakhir kegiatan dihadapan para awak media, Waka Polres Simalungun Kompol Zulkarnaen Pane berpesan dan menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya warga Kab. Simalungun, apabila dalam bepergian hindari menggunakan perhiasan berlebihan yang dapat mengundang perhatian dan niat pelaku kejahatan, terutama yang menggunakan angkutan Umum. (Leo)

https://www.facebook.com/Media-Online-Topkota-635075260029474/