Poldasu Bentuk Tim Khusus Kejar Perampok Bank BTPN

Personil Polrestabes Medan saat melakukan penyelidikan di bank BPTN Tembung

MEDAN, TOPKOTA.com – Tiga perampok bersenpi yang berhasil menggondol uang Rp 148 juta dari brangkas Bank BTPN Desa Tembung Deliserdang saat ini telah diburu tim khusus gabungan Poldasu dan Polrestabes Medan.

“Kita sudah membentuk tim khusus untuk mengejar para perampok Bank BTPN yang beraksi menggunakan senpi,” ujar Kabid Humas Poldasu Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, Selasa (10/7).

Lanjut perwira berpangkat tiga melati emas ini bahwa pihaknya belum mengetahui jenis senjata api laras pendek yang digunakan para pelaku. ” Para pelaku tiba menggunakan mobil Avanza warna hitam, dan salah satu pelakunya turun dari mobil dan menodongkan senjata api ke arah Satpam. Jenis senpi yang dipakai pelaku kita belum mengetahuinya, apakah itu senpi laras pendek asli, replika ataupun air softgun,” ujar Tatan.

Dari keterangan saksi dan CCTV, lanjut Tatan, beberapa pelaku menenteng brangkas tersebut dan berhasil membawa uang sebesar Rp 148 juta. “Kami belum mengetahui lokasi para pelaku saat ini dan berharap agar masyarakat yang mendapat informasi atau orang-orang yang mencurigakan untuk dapat menolong dengan melaporkannya kepihak Kepolisian untuk ditindaklanjuti,” ujar Tatan mengakhiri.

Diketahui Bank BTPN Pasar 9 Desa Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan Deli Serdang disantroni kawanan perampok, Selasa (10/7). Dalam aksi tersebut diperkirakan pelaku 3 orang, salah seorang diantaranya memegang senjata api jenis pistol.

“Perampokan terjadi sekitar pukul 08.30 Wib. Pelaku mengendarai mobil warna hitam,” ujar Rizki warga setempat kepada wartawan di lokasi kejadian.

Tambah Rizki , kawanan pelaku di perkirakan lebih satu orang. Para pelaku menggunakan penutup wajah dan kaca mata hitam dan langsung masuk ke dalam Bank.

Sebelumnya , para pelaku menodongkan senjata jenis pistol ke arah satpam dan masuk ke dalam bank. “Jadi 2 orang pelaku keluar dari mobil langsung menodongkan senjata mirip pistol kearah Satpam. 1 orang lagi menunggu di mobil,” sebutnya.

Didalam bank, para pelaku juga mengancam pegawai bank dan meminta uang yang ada di kasir. “Mereka juga katanya menodongkan senjata ke para karyawan bank,” katanya.

Usai merampok, para pelaku yang memarkirkan mobilnya di halaman kantor bank, langsung kabur ke arah Desa Batang Kuis, Deli Serdang. “Mereka kabur ke arah Desa Batang Kuis,” jelasnya.

Polsek Percut Sei Tuan dan Polrestbes Medan hingga kini masih melakukan penyidikan di lokasi kejadian.

Belum diketahui secara pasti jumlah uang yang dibawa kabur oleh para pelaku yang diduga telah merencanakan aksi perampokan tersebut.

Kapolsek Percut Seituan Kompol Faidil Zikri di hubungi wartawan melalui selular teleponnya mengatakan bahwa pihak bank mengalami kerugian diatas ratusan juta. “Kita saat ini sedang melakukan pengecekan lokasi kejadian dengan mengumpulkan data. Sedangkan kerugian diperkirakan Rp 148 juta,” ujarnya. (Ayu)

https://www.facebook.com/Media-Online-Topkota-635075260029474/