Pimpin Sertijab Aspidsus, Kajati Riau Tegaskan Penanganan Kasus Korupsi Ditingkatkan

Subekhan, SH, MH aspisus Kejati Riau yang baru (kiri) dan Sugeng Riyanta, SH, MH (kanan). yang promosi menjabat Kasubdir Tipikor dan TPPU, JAM Tipikor Kejagung RI

PEKANBARU, TOPKOTA.com – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau Uung Abdul Syakur memimpin langsung pergantian dan serah terima jabatan (Sertijab) dua posisi strategis di lingkungan Kejaksaan Tinggi ( Kejati ) Riau. Bersamaan dengan dua jabatan strategis itu,  juga dilangsungkan pergantian Koordinator Bidang Intelijen Kejati Riau dan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Rohil di gedung Kantor Kejati Riau, Pekanbaru, Selasa (13/3).

Adapun Jabatan di Jajaran Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau yang di sertijab, salah satunya jabatan Asisten Tindak Pidana Khusus (Aspidus) Kejaksaan Tinggi Riau, yang sebelumnya dijabat oleh Sugeng Riyanta, SH, MH, kepada Subekhan SH MH.

Sugeng Riyanta SH MH, dipercaya oleh Jaksa Agung sebagai Kepala Sub Direktorat Tindak Pidana Korupsi dan Tindak Pidana Pencucian Uang, pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Koruosi, Kejaksaan Agung (Kejagung) RI.

Sementara, Subekhan SH MH yang mendapat jabatan baru sebagai Asisten Tindak Pidana Khusus Kejati Riau, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bidang Penyelenggara pada Pusat Pendidikan dan Pelatihan Teknis Fungsional Badan Pendidikan dan Pelatihan, Kejaksaan Agung RI.

Kepada wartawan, Sugeng Riyanta SH MH, membenarkan bahwa terjadi pergantian posisi jabatannya. “Kamis sore saya dapat SK sebagai Kasubdit Tipikor dan TPPU Direktorat Penyidikan pada Jampidsus. Sama saja tugasnya dengan Aspidsus, cuma skop nasional,” ujarnya.

Sugeng Riyanta yang terkenal dengan sepak terjangnya memberantas Korupsi di Riau ini dipromosikan Jaksa Agung dengan jabatan baru, sebagai Kepala Sub-Direktorat Penyidikan Korupsi dan tindak pidana pencucian uang pada Jampidsus Kejagung. Sugeng merasa bahwa selama di Riau, bukanlah pekerjaan ringan baginya, mengingat sebelumnya di tangan Sugeng, lebih dari 40 kasus perkara Korupsi telah diungkapnya.

Sedangkan, Sertijab berikutnya adalah di posisi Asisten Pembinaan (Asbin) yang sebelumnya diisi oleh Kusnendar, SH, MH, yang dimutasi menjadi jaksa fungsional di Kejati Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY),  digantikan oleh Teguh Wardoyo SH, MH yang sebelumnya menjabat sebagai Kajari Pemalang.

Sementara jabatan Kajari Rohil yang dijabat oleh Bima Suprayoga SH, MH, juga di sertijab kepada Gaos Wicaksono,SH,MH. Menariknya, Kejari Rohil yang dijabat Bima Suprayoga, SH, MH yang mendapat posisi baru sebagai Kajari Tangerang Selatan adalah adik kandung dari Gaos Wicaksono, SH, MH.Sedangkan, pengganti jabatan Gaos Wicaksono,SH,MH selaku Koordinator Bidang Intelijen di Kejati Riau dipercayakan kepada Nurhadi Puspandoyo SH MH. yang sebelumnya jaksa fungsional dan Satgas di Kejati Jawa Timur.

”Mudah-mudahan apa yang sudah dicapai Aspidsus yang lama, bisa ditingkatkan oleh Aspidsus yang baru, dalam penindakan Korupsi di Riau. Perkara yang belum tuntas, agar dilanjutkan penanganannya,” terang Kajati Riau, usai memimpin Sertijab.

Uung yakin dan tentunya sangat berharap agar target ke depan, khususnya dalam penanganan kasus Korupsi oleh Kejati Riau bisa lebih meningkat, bahkan lebih dari yang sebelumnya, setelah kini dijabat oleh Aspidsus yang baru. (Patar Simanjuntak)

loading...
https://www.facebook.com/Media-Online-Topkota-635075260029474/