Pemko Apresiasi Pencanangan Studi Kelayakan Pengusahaan Tol Dalam Kota Medan

Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM menghadiri Pencanangan Pelaksanaan Studi Kelayakan Pengusahaan Jalan Tol Dalam Kota Medan.

MEDAN, TOPKOTA.com – Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM menghadiri Pencanangan Pelaksanaan Studi Kelayakan Pengusahaan Jalan Tol Dalam Kota Medan yang berlangsung di Halaman Kantor Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumut Jalan AH Nasution Medan, Kamis (15/8).

Selain Sekda, pencanangan studi kelayakan pengusahaan jalan tol dalam kota ini juga dihadiri Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi serta Dirjen pembiayaan infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Dr Eko Purwanto. Acara ini merupakan tindaklanjut dari kesepakatan Pemprov Sumut antara pemkab/pemkot di Provinsi Sumut terhadap pembangun tol dalam kota yang bertujuan sebagai upaya untuk mengurai kemacetan khususnya di Kota Medan.

Gubsu mengatakan ini menjadi komitmen Pemprov Sumut bersama pemkab/pemkot di Sumut untuk mengatasi masalah kemacetan. Hal ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan pemerataan kesejahteraan ekonomi bagi warga Sumut karena dengan adanya tol tersebut, bilang Gubsu dapat memperlancar arus perjalanan masyarakat yang akan melakukan usaha.

“Pencanangan ini merupakan titik awal pembangun tol dalam kota yang telah kita sepakati dan rencanakan. Selain itu langkah ini kita lakukan sebagi bentuk tanggungjawab pemerintah kepada masyarakat. Dengan harapan seluruh masyarakat dapat merasakan pembangunan infrastruktur yang dapat dirasakan manfaatnya secara adil dan merata demi Sumut bermartabat dan Kota Medan yang lebih baik dan maju,” kata Gubsu.

Dihadapan Dirjen pembiayaan infrastruktur Kementrian PUPR RI Eko Purwanto serta sejumlah stakeholder terkait yang hadir, dilakukan pemutaran video singkat gambaran rancangan pembangun tol dalam kota yang meliputi Kota Medan, Binjai, Deli Serdang, Langkat dan Tanah Karo (Mebidang Laro). Melihat perencanaan tersebut, Dirjen Kementrian PUPR menyampaikan apresiasi karena komitmen Pemrov Sumut khususnya Kota Medan dalam mendukung upaya percepatan pembangunan kota lewat pembangunan infrastruktur.

“Kami (Kementrian PUPR) mengapresiasi langkah yang dilakukan Pemprov Sumut dan kabupaten/kota khususnya Kota Medan yang ingin menjadikan kota ini lebih baik, maju dan berkembang. Apalagi hal ini bertujuan demi kesejahteraan masyarakat yang dapat memanfaatkan tol dalam kota untuk meningkatkan kesejahteraan taraf hidup mereka. Oleh karena itu butuh komitmen semua pihak untuk mewujudkannya,” kata Eko.

Sementara itu, usai acara Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM mengapresiasi dilakukannya pencanangan studi kelayakan pengusahaan jalan tol dalam Kota Medan tersebut. Dikatakan Sekda, pencanangan tersebut menjadi titik awal dan penentu langkah rencana pembangunan tol dalam kota yang diharapakan nantinya dapat menjadi solusi mengurai kemacetan di Kota Medan dengan arus komuter lebih dari 500 ribu setiap harinya.

“Pemko Medan tentu menyambut baik adanya pencanangan yang dilakukan hari ini. Semoga langkah awal ini membawa manfaat luar biasa bagi kita semua khususnya warga Kota Medan. Untuk itu kami juga berharap seluruh pihak dan stakeholder terkait dapat berkomitmen penuh untuk sama-sama mewujudkannya. Dengan demikian seluruh masyarakat dapat merasakan manfaat yang signifikan dengan kehadiran tol dalam kota nantinya,” ungkap Sekda.

Pencanangan ditandai dengan penekan tombol yang dilakukan Gubsu bersama Dirjen PUPR RI yang disaksikan Sekda Kota Medan bersama stakeholder terkait. Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB tersebut berjalan lancar hingga selesai. (Ayu)

https://www.facebook.com/Media-Online-Topkota-635075260029474/