Pemkab Tulang Bawang Gelar Sosialiasi Program Taspen ASN dan Calon Pensiun

Pemkab Tulang Bawang saat menggelar Sosialisasi Taspen.

TULANG BAWANG, TOPKOTA.com – Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang, menggelar sosialisasi program Taspen kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Calon Pensiun Tahun 2020, Kamis (3/10). Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Lantai II Rupatama Kantor Bupati Tulang Bawang, dihadiri para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pejabat Fungsional dilingkup Pemkab Tulangbawang, serta narasumber Kepala PT. Taspen (Persero) Lampung Tomdoly Tobing dan Kepala Bank Mantap (Mandiri Taspen) Cabang Lampung Ketut, bersama para peserta sosialisasi.

Sementara itu, Bupati Tulang Bawang Hj Winarti SE MH dalam kesempatan ini hadir diwakili Sekdakab Tulang Bawang Ir Anthoni MM, dan menyampaikan bahwa dalam organisasi Pemerintahan, peranan dan kedudukan ASN sangatlah strategis untuk menyelenggarakan roda pemerintahan dan pembangunan dalam rangka mewujudkan tujuan negara.

“Baik buruknya suatu pemerintahan sangat tergantung pada mesin birokrasi atau ASN sebagai penyelenggara pemerintahan itu sendiri. Sehingga sebagai tulang punggung dan unsur utama penopang pembangunan negara, Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkup Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang memang memiliki resiko yang tinggi dalam menjalankan tugasnya,” jelas Sekda dalam sambutannya mewakili Bupati.

Dilanjutkannya, bahwa Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang, sebelum dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Nomor 70 Tahun 2015 tentang JKK JKM, memang sudah memiliki aturan/Perbup tentang JKK dan JKM  Nomor 21 Tahun 2010 yang mengatur tentang Jaminan terhadap PNS, Non PNS dan Keluarganya, yang kemudian Perbup tersebut direvisi menjadi Perbup Nomor 13 Tahun 2017.

“Dengan Perbup tersebut membuktikan bahwa Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang memberi perhatian dan kepedulian untuk Pegawai Non PNS dan Keluarganya, dalam hal memberikan jaminan terhadap risiko yang mungkin terjadi dan dialami oleh pegawai ketika menjalankan tugas dan fungsinya,” ungkap Sekda.

Beliau juga sangat mengapresiasi kepada Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Tulangbawang yang telah memfasilitasi diselenggarakannya sosialisasi ini. “Kepada PT. Taspen (Persero) saya berharap materi yang berkaitan dengan program yang dijalankan yaitu Program Pensiun, Program Tabungan Hari Tua (THT), Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) dan Program Taspen Save serta Program Kewirausahaan dapat disampaikan dengan sejelas-jelasnya sehingga dapat dipahami dengan baik oleh seluruh peserta sosialisasi,” imbuhnya.

Lanjutnya, mengingat perlindungan terhadap bahaya akibat kerja atau akibat dari lingkungan kerja sangat dibutuhkan agar pegawai merasa aman dan nyaman dalam menjalankan pekerjaannya. Sama halnya dengan 25 Program Unggulan BMW, Pemda menganggarkan santunan kematian, santuan untuk lanjut usia dan santunan untuk penyandang disabilitas.

“Maka dari itu, semoga dengan adanya Sosialisasi Program Taspen, Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Calon Pensiun 2020 Kabupaten Tulang Bawang, dapat lebih memahami tentang program-program dari PT. Taspen (Persero),” tutur Sekda menyampaikan pesan Bupati Winarti.

Selain itu, Beliau juga mengucapkan terimakasih atas batuan sembako yang ditebus murah oleh ASN dan anggota pensiunan Tulang Bawang.  “Semoga kegiatan ini bisa berulang dilain waktu sebagai bantuan Taspen untuk anggotanya di Tulang Bawang,” tambah Sekda.

Sedangkan dalam laporan ketua pelaksana sosialisasi Kepala BKPP Penliyusli SE MH, mengatakan bahwa acara sosialisasi ini diadakan untuk memberikan pengertian pada ASN yang akan memasuki masa pensiun agar dapat jauh hari mempersiapkan administrasi. (Aswari)

https://www.facebook.com/Media-Online-Topkota-635075260029474/