Menjadikan Lansia Sejahtera Tanggung Jawab Semua Pihak

Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA pada acara peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Provinsi Sumatera Utara di Aula Raja Inal Siregar, Lt 2 Kantor Gubsu Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Selasa (17/7).

MEDAN, TOPKOTA.com – Menjadikan lanjut usia (Lansia) sejahtera lahir dan batin bukan saja tugas dan tanggung jawab instansi pemerintah, melainkan tanggung jawab intitusi masyarakat termasuk organisasi sosial, organisasi profesi, dunia akademi, dunia usaha dan semua lapisan masyarakat.

Hal ini dikatakan Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA pada acara peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Provinsi Sumatera Utara di Aula Raja Inal Siregar, Lt 2 Kantor Gubsu Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Selasa (17/7).

Dalam acara itu, Eko Subowo mengajak semua pihak untuk menciptakan suasana yang mendukung terjadinya perubahan dan prilaku lansia yang sehat dan produktif. Hal ini tentu dapat diwujudkan melalui  pengadaan lingkungan ramah lansia yang kemudian bisa mendorong kesehatan dan partisipasi aktif lansia.

Juga ketersediaan layanan kesehatan yang ramah lansia dan meningkatkan peran lansia dalam pembuatan kebijakan publik ramah lansia. “Dan diminta kepada OPD terkait agar lebih memperhatikan program yang bersentuhan dengan penanganan lansia,” ujar Eko Subowo.

Sementara itu, Ketua Lembaga Lansia Sumatera Utara Prof Dr H Darmono MEd mewakili para lansia yang hadir dalam acara tersebut mengakui sampai saat ini para lansia belum mendapat pelayanan yang layak. Ruang publik belum sensitif terhadap lansia. “Contohnya masih berdesak desakan dengan yang muda-muda di berbagai fasilitas publik, apakah di terminal bus, di stasiun kereta api atau di tempat manapun. Selain itu ruang berkumpul yang represntatif untuk organisasi lansia juga belum tersedia,” ungkapnya.

Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional Sumatera Utara  2018 bertema “Lansia Sejahtera Masyarakat Bahagia”. Acara ini dihadiri oleh Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), BKOW, Yayasan Prestasi Lansia, Warakawuri Sumut dan berbagai kelompok lansia se-Sumatera Utara.

Ketua Panitia Peringatan Hari Lansia M Yusuf MM mengatakan, sebagai salah satu bentuk perhatian dari berbagai pihak yang diwujudkan dengan pemberian bingkisan secara simbolis kepada lansia yang diundang, diantaranya bantuan stimulan untuk pembinaan kepada kelompok usaha bersama (KUBE) lansia, bantuan kursi roda, bantuan kaca mata dan bantuan bantuan lainnya.

Acara Peringatan Hari Lansia Nasional Sumatera Utara berlangsung meriah itu ditutup dengan makan siang bersama dan panggung hiburan. Turut hadir dalam acara tersebut Ketua PEPABRI Sumut H Ali Imran Siregar, yang mewakili Danlanud Soewondo, mewakili Dirut PDAM Tirtanadi dan mewakili Dirut PT Bank Sumut dan mewakili Kapoldasu.(Acong Smb)

https://www.facebook.com/Media-Online-Topkota-635075260029474/