Melalui Bimtek 7 Pokok Sapta Pesona, Poltekpar Palembang Dorong Peningkatan SDM dan Pariwisata di Tanah Karo  

Plt Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Karo Suharta Sembiring ST saat menerima Cendramata dari Poltekpar Palembang di Hotel Sinabung Berastagi. (Foto :TOPKOTA /DOK).

BERASTAGI, TOPKOTA.com – Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang menggelar Bimbingan Teknis atau Bimtek Destinasi Super Prioritas Danau Toba di Kabupaten Karo Sumatera Utara, Rabu (12/12).

Menurut Direktur Poltekpar Palembang Dr Zulkifli Harahap MMPar CHE, melalui Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (P3M) Poltekpar Palembang Enos Julvitra MMPar mengatakan, pihaknya hadir untuk mendorong peningkatan SDM di Tanah Karo.

“Kita mengadakan bimtek terkait Sapta Pesona yang jargonnya tentang Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah, dan Kenangan. Kita mendorong SDM di Tanah Karo yakni pelaku wisata, untuk memahami tentang tujuh hal itu,” ujarnya.

Pelaku wisata yang hadir terdiri dari Kelompok Sadar Wisata, Pengelola Homestay dan Restoran. Mereka pun diajak memahami tentang pentingnya tujuh pokok Sapta Pesona di sektor pariwisata. “Poltekpar Palembang di bawah Kementerian Pariwisata punya kewajiban karena Danau Toba sudah ditetapkan sebagai Destinasi Super Prioritas oleh Pemerintah Pusat. Ketika infrastruktur dan aksesnya sudah sangat bagus, SDM-nya juga harus lebih hebat dan kreatif. Pastinya dengan bimtek semaacam ini, pelaku wisata dan masyarakat sudah siap menyambut wisatawan di Tanah Karo,” ujarnya.

Pelaksana harian (Plh) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Karo Suharta Sembiring mengatakan, Bimtek Sapta Pesona oleh Poltekpar Palembang bisa meningkatkan pemahaman komponen masyarakat menjadi tuan rumah yang baik bagi wisatawan Danau Toba.

Plt Dinas Pariwisata Karo, Suharta Sembiring ST berdampingan dengan Poltekpar Palembang dan Poltekpar Medan Foto bersama dengan peserta Bimbingan Teknik Destinasi Kawasan Danau Toba di hotel Sinabung Berastagi.

Suharta berharap, Tanah Karo bisa tumbuh dan menjadi destinasi favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. “Ketika wisata Danau Toba maju dan banyak orang yang berkunjung ke Tanah Karo, dampaknya kepada perbaikan ekonomi masyarakat yang lebih baik,” terangnya.

Ketua Persatuah Hotel Republik Indonesia (PHRI) Kabupaten Karo Dikson Pelawi menambahkan, Kabupaten sudah menjadi favorit wisatawan sejak dulu. Namun ia menyambut baik bimmtek yang diadakan Poltekpar Palembang untuk meningkatkan SDM.

“Tanah Karo banyak potensi wisatawan Taman Gunung Berapi. Sebut saja Gunung Sinabung, Gunung Sibayak, Gunung Deleng Barus, Gunung Sipiso Piso atau Tongging, dan Gunung Simanuk Manuk,” ujar Dikson.

Poltekpar Palembang mengadakan bimtek yang kesepuluh kali ini. Seluruh daerah yang bersinggungan dengan Danau Toba, menjadi target pengembangan SDM. Misalnya Bandara Silangit, Pelabuhan Ambarita, Pelabuhan Ajibata, Desa Meat, Huta Ginjang, Bakkara, Balige, dan terakhir di Kabupaten Simalungun. (John Ginting)

https://www.facebook.com/Media-Online-Topkota-635075260029474/