KPU Labuhanbatu Bimtek dan Pengukuhan Relawan Demokrasi

Acara Bimtek Relawan Demokrasi di Aula Kimprasda.

LABUHANBATU, TOPKOTA.com – KPU Labuhanbatu menggelar Bimtek dan Pengukuhan Relawan Demokrasi 55 Relawan yang dinyatakan lulus untuk mendapat bimbingan teknis dan pengukuhan oleh Komisoner KPU Labuhanbatu, Minggu (20/1) di Aula Kimprasda.

Adapun tujuan 55 Relawan tersebut dibimbing dan dibekali, agar saat turun ke tengah masyarakat dapat mencipatakan rasa nyaman dan mempermudah warga Labuhanbatu untuk  melakukan pemilihan pada pemilu 17 April 2019 mendatang.

“Fungsi relawan demokasi itu adalah mempermudah masyakarat dalam memilih dan menciptakan rasa nyaman, ” kata Ketua KPU Kabupaten Labuhanbatu Wahyudi S.Sos MM usai melakukan pengukuhan.

Wahyudi juga menjelaskan bahwa dukungan nyata dari masyarakat dalam proses pelaksanaan Pemilu 2019 diharapkan partisipasi warga dalam menggunakan hak pilihnya meningkat. Selain itu para relawan demokrasi dapat menjalankan tugas pokok dan fungsinya dengan benar, sehingga partisipasi pemilih di Pemilu 2019 ini mencapai target 100 persen pemilih.

“Kabupaten Labuhanbatu ini memiliki 98 Kel/Desa dan 1001 TPS dengan data pemilih DPT 275.988 pemilih. Program relawan demokrasi merupakan gerakan sosial untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilih,  program ini melibatkan masyarakat yang berasal dari 10 basis seperti basis keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih muda, basis pemilih perempuan, basis penyandang disabilitas, basis pemilih  berkebutuhan  khusus,  basis kaum marginal, basis komunitas,  basis keagamaan, basis warga internet dan basis relawan demokrasi itu sendiri,” paparnya.

Selain itu, program tersebut melibatkan peran serta masyarakat yang ditempatkan sebagai pelopor demokrasi bagi komunitasnya. “Relawan demokrasi akan menjadi mitra KPU Kabupaten Labuhanbatu dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih berbasis, yang akan menyebar di 98 desa atau kelurahan dan di 1001 tps,” tutup Wahyudi.

Pada pemaparan Bimtek Zaffar Sidik Pohan Msi menerangkan pentingnya Demokrasi, Pemilu dan Partipasi dalam Pemilu 2019, dikarenakan adanya rasa memiliki dan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemilu dan mendorong terciptanya suatu demokrasi.

“Untuk itu, semua pemangku kepentingan, terutama penyelenggara pemilu harus berperan secara krusial bersama sama dengan masyarakat. Selain penyelenggara pemilu, pemerintah dan masyarakat sipil harus menjadi mitra, dalam memperkuat nilai-nilai demokrasi dan institusi demokrasi,” ujarnya.

Lanjutnya, Pemilu Legislatif  tahun 2019 ini ada 16 Partai Politik yang ikut dalam peserta pemilu ini, untuk kertas suara ada 5 kertas suara yang akan di coblos yakni Kertas suara Calon Presiden, DPD, DPR-RI , DPRD Provinsi dan DPRD Kab/Kota. “Untuk kepada Relawan Demokrasi akan dibekali cara penyampaianya  materi Pemilu.  Dan juga para relawan harus menguasai Komunikasi Publik sehingga diharapkan agar masyarakat Labuhanbatu datang ke TPS pada tanggal 17 April 2019 sehingga tercapailah patisipasi angka pemilih dengan target mencapai 80 % angka pemilih dari 275.998 jumlah DPT Kabupaten Labuhanbatu,” kata Pohan yang juga Komisioner KPU Divisi Parmas. (SL)

https://www.facebook.com/Media-Online-Topkota-635075260029474/