Komisioner Panwaslih Humbahas Himbau APK Paslon Harus sesuai Desain KPU

Komisioner Panwaslih Humbahas, Divisi Penindakan Pelanggaran  Henri Wesley Pasaribu kepada

DOLOKSANGGUL, TOPKOTA.com – Dalam tahapan kampanye Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu), 15 Februari – 23 Juni 2018, Panwaslih Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) menghimbau para pimpinan parpol (partai politik) untuk mendukung penataan alat peraga kampanye (APK) di daerah itu.

Komisioner Panwaslih Humbahas, Divisi Penindakan Pelanggaran  Henri Wesley Pasaribu kepada wartawan di kantornya, kemarin, mengatakan bahwa zona pemasangan (APK) sudah diatur sesuai dengan PKPU Nomor 4 tahun 2017. Untuk itu zona pemasangan APK dimaksud, agar dilaksanakan untuk ketertiban dan kenyamanan bersama.

Dia menjelaskan, bahwa APK masing-masing Paslon peserta Pilgubsu harus sesuai dengan desain KPU. Jikapun ada tambahan APK dari masing-masing paslon adalah sebanyak 150 persen dari jumlah APK yang difasilitasi KPU. Di luar zona dan APK yang difasilitasi KPU, Panwaslih bersama pihak terkait akan melakukan penertiban,” tegasnya.

Dia menyebut, sebelumnya, 19-20 Februari lalu, pihaknya bersama pihak terkait sudah melakukan penertiban APK para paslon peserta Pilgubsu di daerah Humbahas. Sebab APK dimaksud sudah bertentangan dengan PKPU Nomor 4/2017 dan Perbawaslu Nomor 12/2017.

Jumlah APK yang ditertibkan tadi sebanyak 132 lembar yang terpasang di daerah itu. APK tersebut terdiri dari baliho spanduk dari masing-masing paslon yakni Edy-Musa, Djarot-Sihar termasuk JR – Ance.

Khusus untuk APK berupa stiker yang melekat pada kendraan, katanya lagi, pihaknya juga akan melakukan penertiban. Namun penertiban APK tersebut bekerjasama dengan aparat lalulintas dari kepolisian  sebab hal tersebut bersinggungan dengan undang-undang  lalulintas. “Kita tetap melakukan penertiban APK berupa baliho atau stiker yang melekat pada kendraan. Untuk penertiban itu kita bekerjasama dengan aparat lalulintas,” tandasnya.(S.Lg)

loading...
https://www.facebook.com/Media-Online-Topkota-635075260029474/