Kapolrestabes Medan Pimpin Apel Pemberian Piagam Penghargaan

Kapolrestabes Medan saat memberikan Piagam Penghargaan kepada personil.

MEDAN, TOPKOTA.com – Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto SH SIK MSi memimpin Apel Pemberian Piagam Penghargaan yang dilaksanakan di Halaman Apel Polrestabes Medan Jalan HM Said No. 1 Medan, Senin (2/12).

Kegiatan ini turut dihadiri Waka Polrestabes Medan Akbp Rudi Rifani SIK, Para Kabag, Kasat, Kasi, Pama Polrestabes Medan, Kapolsek jajaran Polrestabes Medan dan personel Polrestabes Medan.

Apel Pemberian Piagam Penghargaan kepada Personel Polrestabes Medan yang berhasil dalam melaksanakan Program 1092 Polrestabes Medan Menyatu dengan Masyarakat, Program Operasi Mantab Brata 2019 dan Grebek Kampung Narkoba.

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto SH SIK MSi mengatakan, Apel pagi ini, dirinya memberikan penghargaan kepada rekan-rekan yang telah berprestasi dan mendapatkan reward dari organisasi kepolisian ini.

“Perlu saya sampaikan bahwa kepercayaan masyarakat merupakan hal yang penting dan utama karena ini merupakan modal yang kuat bagi organisasi kita untuk menjaga agar organisasi tetap eksis, tetap ada dalam kondisi saat ini. Kepercayaan masyarakat itu adalah hasil dari kinerja kita, setelah kita berkinerja baru orang percaya. Kalau kinerja kita baik maka orang percaya, tapi kalau kinerja kita tidak baik maka orang tidak percaya,” ujarnya.

Untuk itu lanjut Kapolrestabes, yang harus dibenahi adalah kinerja – kinerja satuan yang ditentukan oleh kinerja individu setiap anggota yang ada di dalam organisasi Polr. “Dalam tugas apapun fungsinya mulai dari deteksi dini, preemtif, preventif, penegakan hukum atau yang bekerja di bidang administrasi. Semuanya memiliki kontribusi yang sangat signifikan dan harus bekerja sama, satu dengan yang lain,” ujarnya.

Kapolrestabes juga mengatakan kinerja memiliki kontribusi yang sangat signifikan sesuai dengan peran dan tugas masing-masing. Oleh karena itu adalah suatu kewajiban bagi organisasi untuk mendorong semangat memotivasi anggota ini untuk berkinerja secara baik, salah satu bentuk motivasinya adalah memberikan reward dan punishment kepada anggota, sehingga tidak ada yang mengatakan bahwa jasa tidak terhimpun.

“Selama ini kalau kita sudah bekerja dengan baik begitu ada kesalahan sedikit tidak dihitung apa yang sudah dilakukan beberapun. Organisasi kita telah merubah mainset itu dengan melakukan managemen yang baik. Ini harus dikelola dengan baik dan dicatat dengan baik. Jadi saya minta, salah satu tugas teman bawahan, atasan, masyarakat yang ada disekitar kita adalah merekomendasi polisi-polisi yang baik di dalam yang ada di organisasi dalam tugas apapun. Kemudian nantinya dicatat di dalam catatan riwayat hidup. Catat sekecil apapun prestasi yang dibuat oleh anggota dan tentu dengan level level yang berbeda, yang dia memberikan kontribusi kepada organisasi yang sifatnya lokal mungkin perak, yang sifatnya lebih tinggi lagi mungkin emas. Jadi di dalam sertifikat itu nanti dirumuskan.pengemban fungsi pembinaan. Itu harus dipikirkan bagaimana melihat kinerja organisasi anggota -anggota yang sudah berkarya dengan baik sehingga jasanya mampu dihimpun, mampu dicatat dan mampu memberikan kontribusi. Minimal dia akan memberikan kebanggaan kepada keluarganya, akan memberikan dorongan kepada pembinaan karir,” ujarnya.

Kapolrestabes juga mengatakan, pemberian penghargaan kepada anggota itu adalah hak anggota dan kewajiban bagi organisasi untuk memberikan penilaian. “Di dalam manajemen SDM, tinggal kita bagaimana merealisasikannya. Mari kita ukir prestasi kita dengan baik. Mari kita jaga agar Polrestabes ini, institusi Polri terus mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Ingatkan teman kita yang mungkin melakukan penyimpangan-penyimpangan yang mendegradasi kinerja kita yang merusak kepercayaan masyarakat terhadap Polri, misalkan penyalagunaan Narkoba, penyalahgunaan wewenang, kekerasan dan lain sebagainya. Mari kita berpacu untuk melakukan hal-hal kebaikan,” ujarnya.

Kapolrestabes juga mengucapkan selamat kepada para personil yang mendapatkan penghargaan. “Kalau untuk yang Program1092 nanti dapat Umroh ke tanah suci. Program 1092 ini penting, artinya fungsi preventif sangat memberikan peranan yang sangat penting bagi pelaksanaan tugas kepolisian yang langsung turun ke masyarakat. Perwira-perwira langsung turun ke masyarakat, Bhabinkamtibmas yang bagus, juga diajukan. Saya harapkan apa yang sudah dicapai terus ditingkatkan dan dicatat, karena tidak mudah sebagai contoh pengendalian ataupun pengamanan Pilkada, Pilpres yang sudah berlangsung aman,” ujarnya mengakhiri. (Dennie)

https://www.facebook.com/Media-Online-Topkota-635075260029474/