Kapolda Nobar Film Dokumenter Polwan Cartensz

Kapoldasu Irjen Pol Paulus Waterpauw saat menghadiri pemutaran film Dokumenter Polwan Cartensz

MEDAN, TOPKOTA.com – Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw bersama pejabat utama, Ibu Bhayangkari dan Polwan dari sejumlah polres menggelar nonton bareng (nobar) film dokumenter Polwan Cartensz di Cinema XXI Ringroad City Walks Jalan Gagak Hitam, Selasa (14/8) pagi.

Orang nomor satu di Polda Sumut tersebut pun memuji keberhasilan 24 polwan hasil seleksi dari seluruh polda di Indonesia yang dapat menaklukkan Gunung Cartensz di puncak Jaya Wijaya dengan ketinggian 4.884 mdpl.

“Artinya menyatakan bahwa mereka adalah polisi-polisi wanita yang memiliki kemampuan yang sama juga untuk melakukan hal seperti itu. Yang penuh tantangan, penuh resiko bahkan maut mengancam,  tapi mereka juga bisa. Ini memberikan dorongan motivatif bagi yang lain,” ujar Paulus, saat ditemui usai menggelar nobar.

Kemudian, kata Paulus, dalam film tersebut banyak makna yang terlintas bahwa untuk mencapai puncak itu tidak bisa berjalan sendiri. Harus bergandeng tangan satu dengan yang lain, siapa pun dia.  “Tadi kan sama-sama kita lihat, ada yang melatih, ada yang menjadi tutor, ada yang menjadi penuntun, ada yang menjadi dokter, ada yang memberikan tambahan okseigen  ada juga yang khusus memompa semangatnya. Dalam kehidupan kita memang seperti itu,” ucap Paulus.

Dalam rangka menyambut HUT Polwan yang jatuh pada 1 September mendatang, Paulus yang mengaku sesaat lagi akan pindah tugas, namun dia tetap memberikan apresiasi yang besar kepada polwan-polwan di seluruh Indonesia dan di Sumatera Utara yang luar biasa. “Sekarang kita tinggal dorong pimpinan untuk memberikan semangat tanpa lelah. Kemudian berharap polwan-polwan kita dapat membuat inovasi-inovasi baru dan bisa berprestasi,” pesan Paulus.

Sebelum nonton bareng digelar, Paulus sempat memberikan sambutan dihadapan para tamu undangan yang hadir. Paulus mengaku tau wilayah Cartensz dan dia pernah menjadi Kapolres di bawah gunung tersebut. Dia bilang, posisi gunung itu memiliki tinggi 4.884 meter, sudah seimbang dengan pasir teling PT Freeport.

“Dibalik adanya aktivitas mendaki gunung, film ini secara langsung menyebut kalau kita punya tempat yang bagus. Ini momen yang sangat baik, karena pada 17 Agustus tahun lalu mereka dapat menancapkan bendera Indonesia di puncak Cartensz. Ini menjadi kebanggaaan kepada kita,” tukas Paulus.

Mantan Kapolda Papua tersebut mengatakan, dari film tersebut kita dapat mengambil hikmah yakni bagaimana membuat tim, mengatur manajemen dan yang paling penting memberikan pelajaran kepada kita bahwa manusia tidak ada apa-apanya saat kita berada di ketinggian.

“Kita adalah makhluk yang kecil tidak ada apa-apanya. Jadi saat bertugas, berbuat baiklah kepada yang lain. Adek-adek Polwan yang akan ulang tahun 1 September nanti, saya mohon pamit kembali ke markas besar. Saya berharap polwan di Polda Sumut dapat berprestasi,” pungkas Paulus.

Sebelumnya, dua puluh empat Polisi Wanita (Polwan) tangguh melaksanakan ekspedisi ke puncak gunung Cartenz, Papua, dalam rangka Memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-72 dan Memperingati Hari Ulang Tahun Polwan Ke-69.

Puncak gunung atau yang sering disebut “Piramida Cartenz” ini merupakan gunung tertinngi di Indonesia dan satu-satunya gunung yang berada di Indonesia yang diselimuti salju abadi yang memiliki ketinggian 4.884m, akan dilalui oleh 24 polwan tangguh.

Para Polwan tersebut terbang menuju Papua pada tanggal 30-31 Juli 2017, untuk berdaptasi terlebih dahulu dan untuk penyesuaian suhu. Setelah itu, 24 polwan ini akan memulai perjalan menuju puncak Gunung Cartensz.

Berikut daftar nama 24 Polwan tangguh yang akan melakukan ekspedisi, AKBP Siwi Erma Andriani, S.I.K, IPDA Heny Guastiana, Ipda Priskila Kaom Sangek, Bripda Fajar Astuti, Bripda Sari Nastiti, Bripda Dea Marcheliana, Bripda Intan Widya Ningsih, Bripda Alisia Dwi Kartini, Bripda Indri Anastasya, Bripda Dwi Surya Wulandari, Bripda Berti Kurniawati, Bripda Nidia Ariani, Bripda Amelia K Lumuwu, Bripda Retno Ayu Wedowati, Bripda Tika Astria, Bripda Virnayanti, Bripda Ayu Agiswi, Bripda Jessica Zhivanesk, Bripda Muthia Octavida, Bripda Ica Ayu Nuraini, Bripda Adisti Mahesa, Bripda Mince Yessy Ebe, Bripda Phemiralna dan Bripda Gusti Elvira. (Ayu)

https://www.facebook.com/Media-Online-Topkota-635075260029474/