Jelang Pilgubsu, Panwaslih Humbahas Himbau Penataan APK

Foto Ilustrasi

DOLOK SANGGUL, TOPKOTA.com – Menjelang pesta demokrasi pemilihan gubernur sematera utara (Pilgubsu) dalam ajang Pilkada serentak 2018, Panwaslih Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) menghimbau para timses (tim sukses) dan relawan masing-masing paslon untuk mendukung penataan alat peraga kampanye (APK) di daerah itu.

Ketua Panwaslih Humbahas, Jahormat Lumban Toruan kepada wartawan di kantornya, Rabu (28/2) bahwa zona pemasangan (APK) sudah diatur sesuai dengan PKPU Nomor 4 tahun 2017. Untuk itu zona pemasangan APK dimaksud, agar dilaksanakan untuk ketertiban dan kenyamanan bersama.

Dia menjelaskan, bahwa APK masing-masing Paslon peserta Pilgubsu harus sesuai dengan desain KPU. Jikapun ada tambahan APK dari masing-masing paslon adalah sebanyak 150 persen dari jumlah APK yang difasilitasi KPU. Selain dari APK yang difasilitasi KPU, Panwaslih bersama pihak terkait akan melakukan penertiban,” tegasnya.

Lebih lanjut, katanya, sesuai PKPU Nomor 4/2017, sudah dijelaskan zona pemasangan APK baik di pusat kota maupun di setiap kecamatan.  Menindaklanjuti PKPU diatas, katanya lagi, pihaknya sudah menyurati para pimpinan parpol di daerah itu guna pemasangan APK sesuai dengan zona yang ditetapkan KPU.

Dia menyebut, sebelumnya, pihaknya bersama pihak terkait sudah melakukan penertiban APK para paslon peserta Pilgubsu di daerah Humbahas. Sebab APK dimaksud sudah bertentangan dengan PKPU Nomor 4/2017 dan Perbawaslu Nomor 12/2017.

Disinggung kemungkinan adanya koorporasi KPUD, Panwaslih dengan salahsatu Paslon, Jahormat menegaskan bahwa pihaknya menjamin dari panwaslih menjamin integritas selaku pengawas. “Kita jamin integritas kita tidak terciderai oleh sogokan atau iming-iming dari salsahatu paslon untuk tujuan tertentu. Untuk Panwascam di kecamatan, hal ini juga akan tetap kita pantau agar integritas tadi tidak sempat terciderai,” pungkasnya.(S.lg)

https://www.facebook.com/Media-Online-Topkota-635075260029474/