Hari Pertama UNBK di SMAN 1 Dolok Sanggul Berjalan Lancar

SMAN 1 Dolok Sanggul yang melaksanakan UNBK

DOLOKSANGGUL, TOPKOTA.com – Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMA Negeri 1 Dolok Sanggul Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) berjalan dengan lancar. Hal tersebut disampaikan Kepala SMAN 1 Dolok Sanggul Kasmin Simbolon saat dikonfirmasi via ponselnya, Senin (9/4).

Katanya, bahwa UNBK akan dilaksanakan selama empat hari berturut yakni Senin-Kamis. Sementara peserta UNBK dari SMA 1 Dolok Sanggul sebanyak 378 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 229 orang dari program studi IPA dan sebanyak 149 dari program IPS.

Dijelaskan, bahwa UNBK tadi dilaksanakan tiga sesi per hari. Sesi dimaksud, antara pukul 07:30-09:30, selanjutnya pukul 10:30-12:30 dan pukul 14:00-16:00. “Sesuai dengan ketersediaan perangkat komputer dan pembagian ruangan, kita harus melakukan UNBK selama tiga sesi per hari. Hal tersebut lebih efektif untuk pelaksanaan UN secara serentak,” tukasnya.

Katanya lagi, jauh sebelum pelaksanaan UNBK, pihaknya tengah menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Selain itu pihaknya juga sudah melakukan simulasi yang diselenggarakan panitia pusat. “Bersama panitia pusat, kita sudah simulasi UNBK dan hasilnya para siswa tidak lagi gamang menggunakan komputer. Selanjutnya nilai ujian atas simulasi itu belum diumumkan panitia,” terangnya.

Lebih jauh, sambung Kasmin, bahwa pelaksanaan UNBK akan menekan tingkat kecurangan dalam ujian. “Tingkat kecurangan berbasis UNBK akan lebih kecil. Disamping itu, UNBK merupakan pemenuhan standar pendidikan yang sudah diterapkan di kabupaten/kota se-Sumut,” tandasnya
(S. Lg)

loading...
https://www.facebook.com/Media-Online-Topkota-635075260029474/