Harga Tomat Meroket di Kotapinang, Pedagang Sayur Keliling “Shock”

Tomat yang dijual di pasar tradisional

LABUSEL, TOPKOTA.com – Kebutuhan bahan pokok setiap harinya bisa dikatakan menjadi barang yang wajib dikonsumsi bagi masyarakat sehari-harinya. Khususnya sayur mayur sudah barang tentunya menjadi menu santapan sehari-hari warga.

Terkait hal tersebut, hari ini, Selasa, (3/7), harga sayur mayur jenis tomat mengalami inflasi atau mengalami kenaikan yang sangat tajam.  Hal tersebut di utarakan oleh pedagang sayur mayur keliling Edi Hasibuan atau yang sering di katakan warga Labusel “peralong-along”, bahwa ia mengaku terkejut dengan kenaikan harga komoditi unggulan warga sejenis tomat tersebut.

“Benar dik, tadi pagi saya seperti biasanya berbelanja di Pasar Kotapinang, dan kaget sekali mendengar harga tomat yang naik drastis, padahal sebelumnya beberapa hari yang lalu harga tomat sekitar 7000 Rupiah perkilonya, sekarang sudah sekisaran 12.000 Rupiah perkilo,” keluhnya.

Edi mengatakan dan menduga, bahwa naiknya harga tomat tersebut lantaran cuaca yang ekstrim, mengingat beberapa hari ini curah hujan yang cukup tinggi diberbagai wilayah di Sumutera Utara. “Saya duga, kenaikan harga tomat ini dipicu dikarenakan curah hujan yang cukup tinggi dibeberapa Wilayah khususnya dikawasan Brastagi, sehingga sayur sejenis tomat tersebut mengalami defisit dalam distribusinya ke Kab. Labusel,” ujarnya, Selasa, (3/7), di Desa Mampang, Kotapinang.

Sementara, dilain sisi, salah satu warga J Br Manulang menuturkan bahwa ia terpaksa membeli sayur jenis tomat tersebut lantaran sudah menjadi kebutuhan keluarganya. “Mau gimana lagilah dik, kenaikan harga tomat tersebut mau gak mau ya dibeli juga, kan sudah menjadi kebutuhan sehari-hari,” ucap ibu rumah tangga tersebut.

Selain harga tomat yang mengalami kenaikan, untungnya sampai saat ini harga sayur mayur lainnya tidak mengalami lonjakan kenaikan harga, hanya sebahagian kecil yang mengalami kenaikan seperti jenis sayur bayam, sawi, lobak, daun sop dan beberapa jenis sayur lainnya.

Inilah daftar beberapa harga sayur mayur pada hari ini di Pasar Kotapinang,
Tomat = Rp.12.000, per/Kg,
Cabai Merah = Rp 22.000 per/Kg,
Cabai Hijau = Rp 13.000 per/Kg,
Cabai Rawit = Rp 22.000 per/Kg,
Bawang Merah = Rp 26.000 per/Kg,
Bawang Putih = Rp 20.000 per/Kg.
(Zainul)

https://www.facebook.com/Media-Online-Topkota-635075260029474/