Hakim Nasehati Terdakwa Penganiayaan dan Korban Agar Berdamai di Persidangan

Kedua terdakwa memberikan keterangan di persidangan.

MEDAN, TOPKOTA.com – Richard Silalahi selaku hakim anggota kepada kedua belah pihak yakni terdakwa maupun korban dalam kasus penganiayaan yang bersidang di ruang Cakra 7 Pengadilan Negeri (PN) Medan, Kamis (20/9) sore menyarankan agar lebih baik berdamai.

“Begini, ini kan sebenarnya masalah sepele. Coba waktu kejadian pikiran dingin, otomatis hati kitapun dingin. Tidak mungkin terjadi penganiayaan itu. Namun, semua sudah terjadi dan masuk ke persidangan. Lebih baik berdamai saja,” saran Hakim Richard diamini Ketua Majelis Hakim, Deson Togatorop.

Sebelumnya dalam sidang dengan agenda mendengarkan keterangan kedua terdakwa yakni Anita Triana (45) dan suaminya Habibulloh S Harahap alias Habib (45) warga Binjai mengatakan mengaku khilaf dan menyesal telah menganiaya kedua korban Amister Sirait dan putrinya Bunga Liat Elseria Sirait di Jalan Nibung Raya, Medan beberapa waktu lalu karena macet.

“Dari hati kami paling dalam, kami mohon maaf kepada Buk Ratna, suami serta keluarga besarnya. Kami ikhlas sudah 3 bulan di penjara. Kami tidak mau menuntut apa-apa lagi. Anak kami di rumah 2 orang masih kecil. Tidak ada yang mengurus dan menafkahi. Kami menyesal,” ucap Anita berlinangan air mata.

Suasana haru itupun langsung dicairkan oleh Hakim Richard. Kepada keluarga korban, Ratna yang kebetulan hadir di persidangan disarankan agar menerima permintaan maaf tersebut. “Kebetulan ibu kan jaksa. Artinya kalau ada niat seseorang minta maaf, ya dimaafkanlah. Jangan sampai ada penilaian miring dari masyarakat. Sementang kamu seorang jaksa jadi seperti itu. Tuhan saja memaafkan, masak manusia tidak,” bilang Hakim Richard lagi.

Namun, dengan  Ratna yang merupakan Jaksa di Kejatisu itu dengan tegas mengatakan tidak akan memaafkannya. “Anak saya juga setiap hari mengeluh sakit. Sampai sekarang kontrol ke dokter syaraf, secara pribadi saya tidak mau memaafkannya,” ucap Ratna

Hingga akhirnya Majelis Hakim menutup persidangan dan melanjutkannya pekan depan dengan agenda tuntutan. (Put/Ayu)

https://www.facebook.com/Media-Online-Topkota-635075260029474/