Gerakan Negarawan Medan Denai Gelar Gotong Royong Antisipasi Banjir

Gerakan Negarawan Medan Denai saat bergotong royong membersihkan drainase.

MEDAN, TOPKOTA.com – Gerakan Negarawan Kecamatan Medan Denai bersama bersama unsur pengurus dan anggota melaksanakan kegiatan Gotong Royong menormalisasikan Drainase dan pembersihan rumput di sepanjang Jalan Perguruan Tinggi Swadaya Minggu (14/10).

“Kegiatan Kerja Bakti Gotong Royong ini untuk mewujudkan Masyarakat peduli dengan lingkungan mengatantisipasi drainase tersumbat akibat kurangnya kesadaran warga, sehingga masih membuang sampah sembarangan, termasuk di dalam drainase,” ujar Ketua Gerakan Negarawan Kecamatan Medan Denai Fauzi ST ,

Lanjut Fauzi ST didampingi Sekretaris Zulham Efendi SH dan Pembina Gerakan Negarawan Sumut Dedy Aksyari Nasution  ST, menyebutkan normalisasi ini merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengembalikan fungsi drainase.

Menurutnya, tidak sedikit drainase di wilayah Medan Denai ini mengalami penyumbatan akibat dipenuhi sampah. Oleh karenanya normalisasi ini juga sebagai bentuk sosialisasi mewujudkan Masyarakat peduli dengan lingkungan guna menggugah kesadaran masyarakat agar selalu menjaga kebersihan.

Ia juga menyebutkan selain mengantisipasi terjadinya banjir akibat penyumbatan drainase, Fauzi berharap semoga normalisasi yang dilakukan ini dapat menggugah kesadaran masyarakat sehingga mereka peduli dengan kebersihan lingkungan. “Berdasarkan pantauan yang kita lakukan, kondisi drainase yang dibersihkan terbilang parah, hampir seluruh permukaan drainase dipenuhi sampah yang umumnya berbahan plastik, jadi memicu penyumbatan drainase itu adalah sampah plastik dan tumbuhan rerumputan serta lumpur,” kata Fauzi

Fauzi  juga menambahkan, normalisasi sekaligus pembersihan yang dilakukan ini  untuk kepentinghan bersama. Di samping terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat, juga mengantisipasi terjadinya genangan air maupun banjir. “Kita ingin mewujudkan Medan Denai yang bersih, tertata dan rapi sehingga menjadi lingkungan yang nyaman,” ungkapnya.

Dikatakannya untuk membersihkan drainase ini pihaknya masing-masing harus menggunakan cangkul dan penggaruk, agar sampah yang ada di dalam drainase terangkat, Selanjutnya sampah-sampah itu di masukkan ke dalam gerobak peduli kebersihan selanjutnya diangkat dan buang ketampat pembuangan sampah yang ada.

Ia harapkan warga tergugah dengan normalisasi dan pembersihan yang dilakukan ini dan kedepannya dapat menjaga kebersihan lingkungan, terutama drainase. Jika lingkungan tidak bersih dan drainase tersumbat, warga sekitar juga yang akan merasakan dampaknya. Itu bisa diwujudkan dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal.

“Partisipasi warga untuk menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal masing-masing dapat dilakukan dengan hal paling kecil yaitu tidak membuang sampah sembarangan, terutama dalam drainase. Jika seluruh masyarakat peduli dengan kebersihan lingkungan, insya Allah keinginan kita bersama  untuk menjadikan Medan Denai bersih sampah dapat terwujud,” tandasnya

Ditempat yang sama Pembina Gerakan Negarawan Sumut Dedy Aksyari. Nasution  ST, yang ikut dalam menggagas  kegiatan gotong-royong ini berharap peran serta masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan. “Harapan kita, kedepannya warga Gerakan Negarawan disetiap Kecamatan nantinya terus mengalakkan kebersihan di wilayahnya dan membudayakan gotong-royong,” harapnya.

Menurutnya gotong-royong ini sangat positif. Sebab, kegiatan gotong royong yang terfokus disepanjang Jalan Perguruan Tinggi Swadaya pada Minggu ini untuk mewujudkan kebersihan bersama. “Kegiatan gotong royong ini akan terus berlanjut kita adakan bekerjasama dengan muspika Kecamatan,” tuturnya.

Selain itu Dedy juga mengatakan kegiatan gotong-royong ini demi terciptanya kebersihan lingkungan. “Lingkungan yang bersih akan membuat kehidupan masyarakat sehat, tentram dan damai,”pungkasnya (Put/Ayu)

https://www.facebook.com/Media-Online-Topkota-635075260029474/