Divonis 4 Tahun Denda Rp1 Miliar Subsider 2 Bulan Penjara, Udin Malah Tersenyum

Terdakwa Udin saat diadili di Pengadilan Negeri Medan.

MEDAN, TOPKOTA.com – Syaparuddin Pasai alias Udin, terdakwa kepemilikan narkotika jenis sabu seberat 0,55 Gram kerap melempar senyum walaupun divonis dengan hukuman 4 tahun dan denda Rp1 miliar subsider 2 bulan penjara, dalam persidangan yang berlangsung di Ruang Cakra 7 Pengadilan Negeri (PN) Medan Senin (11/2) sore.

Majelis hakim diketuai Ahmad Sayuti dihadapan Jaksa Penuntut Umum (JPU)  F. Harahap  menyatakan dalam amar putusannya, bahwa terdakwa terbukti bersalah melanggar pidana sebagaimana diatur dan diancam Pidana pasal 114 ayat (1) Jo Pasal 132 (1)  UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

“Mengadili, menjatuhkan hukuman pidana, kepada terdakwa Syaparuddin Pasai alias Udin,  selama 4 tahun dan denda 1 miliar subsider 2 bulan penjara,” tandas majelis hakim Ahmad Sayuti kepada terdakwa.

Namun walaupun dihukum 4 tahun dan denda 1 miliar subsider 2 bulan penjara terdakwa yang merupakan warga Jalan Jermal 15 Gang Spirit Desa Amplas Kecamatan Percut Sei Tuan Kab Deli Serdang ini terlihat tegar, dan santai tanpa beban dan malah melemparkan senyum kepada majelis hakim mau JPU usai pembacaan vonisnya.

Walaupun hukuman terdakwa lebih ringan 2 tahun dari tuntutan JPU yang menuntutnya dengan hukuman 6 tahun dan denda 1 miliar Subsuder 3 bulan penjara, namun atas  putusan itu, terdakwa dan Jaksa Penuntut Umum (JPU) menyatakan pikir-pikir. “Saya pikir-pikir dulu lah pak hakim,” jawab terdakwa dengan enteng tanpa beban. Sedangkan jaksa penuntut umum (JPU) saat dikonfirmasi juga mengatakan pikir-pikir.

Dalam dakwaan JPU dijelaskan, penangkapan terdakwa merupakan hasil informasi masyarakat kepada tim kepolisian Polda Sumut yang menyatakan akan ada transaksi narkotika jenis sabu di daerah Jalan Jermal 15 Gang Spirit Desa Amplas Kecamatan Percut Sei Tuan Kab Deli Serdang.

Dari penangkapan tersebut, personil Dit Narkoba Polda Sumut menemukan 055 gram .Berdasarkan hasil pemeriksan polisi terdakwa mengakui semua perbuatannya dan barang terlarang itu diperoleh dari seseorang yang bernama Hamdani alias Dani. (Put)

https://www.facebook.com/Media-Online-Topkota-635075260029474/