Diterpa Hujan Deras, Granat Kota Medan Tetap Semangat Kumpulkan Dana Kemanusiaan Korban Bencana Alam

Salah satu anggota Granat Kota Medan saat menggalang dana untuk korban bencana walau diterpa hujan deras.

MEDAN, TOPKOTA.com – Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat) Kota Medan berjibaku di tengah derasnya hujan untuk menggalang dana bantuan demi membantu korban yang terkena bencana seperti Palu, Sigi, dan Donggala, Jumat malam (5/10)

“Aksi kemanusiaan ini adalah kolaborasi Granat kota Medan dengan beberapa Komunitas Pencinta Alam, seperti PARASUT (Penelusuran Alam Raya Sumatera Utara), dan TMM ( Travel Mate Medan),” tutur Dendi Hendrawan sang pelopor aksi yang juga Sekjen DPAC Granat Medan Tembung.

Lanjut Dendi, bahwa bantuan ini adalah kontribusi dari DPAC-DPAC Granat yang ada di Kota Medan dan selebihnya adalah aksi penggalangan bantuan turun kejalan baik berupa uang tunai, pakaian bekas layak pakai, maupun bahan-bahan sembako lainnya dari masyarakat. Aksi yang dilaksanakan oleh sekitar dua puluh orang baik dari unsur Granat Kota Medan maupun Komunitas Pencinta Alam ini bergerak turun kejalan, yakni di seputaran Lapangan Merdeka Medan. Dan menurut agendanya gerakan aksi kemanusiaan ini akan dilaksanakan selama satu minggu yang terhitung dari tanggal 5 sampai 13 Oktober 2018.

Para penggalang aksi ini berharap bantuan dapat menjangkau keseluruh masyarakat yang terdampak bencana sesegera mungkin.  “Dimana kita ketahui sebelumnya gempa yang berkekuatan 7.4 SR mengguncang dengan episentrum dekat Kota Donggala Sulawesi Tengah yang terjadi pada hari Jumat (28/9) petang, gempa juga turut dirasakan hingga ke Kota Palu dan Mamuju sesaat setelah gempa besar merontokkan bangunan, gelombang tsunami itu datang dan menyapu habis Kota Palu hingga ratusan meter yang mengakibatkan banyaknya korban jiwa beserta harta benda, dan hingga hari ini bencana alam tersebut sudah merenggut lebih dari 1.400 korban jiwa, dan meluluhlantakkan tempat tinggal yang mereka miliki. Oleh karena itu dengan bantuan alakadarnya ini diharap mampu memberi manfaat dan semangat bagi mereka yang mendapat musibah,” ujarnya.

Granat Kota Medan saat menggalang dana kemanusiaan.

Hal senada juga dikatakan oleh Fransisco sang penggagas aksi kolaborasi antara Granat kota Medan dan beberapa komunitas Pencinta Alam ini agar donasi kemanusiaan yang telah terkumpul agar secepatnya tersalur ketangan para korban.

“Jerit-tangis penduduk Palu-Donggala yang telah kehilangan sanak-saudaranya, tempat tinggalnya, dan harus menahan rasa lapar, serta menahan rasa sakit akibat tertimpa reruntuhan bangunan, tak ada tempat tinggal, tak ada bahan makanan, dan tidak ada air bersih, hal inilah yang membuat hati kami teriris. Walaupun diguyur hujan ini belum seberapa dibandingkan dengan derita yang mereka alami.” ucapnya. (Miswar)

 

https://www.facebook.com/Media-Online-Topkota-635075260029474/