Disdukcapil Pekanbaru Akan Beli Alat Rekam dan Cetak KTP Elektronik

Disdukcapil Kota Pekanbaru saat melakukan perekaman E-KTP

PEKANBARU, TOPKOTA.com –  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru, tahun ini akan melakukan pembelian guna penambahan alat rekam dan cetak KTP elektronik (e-KTP) untuk ditempatkan di sejumlah kecamatan.

Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru Baharuddin menyebutkan, wacana penambahan itu setelah adanya aturan dari Pemerintah Pusat yang membolehkan pemerintah daerah membeli alat rekam dan cetak e-KTP melalui APBD. “Dengan demikian, kita sudah bisa membeli, kita bisa anggarkan alat perekaman dan kamera di APBD,” kata Baharudin, Minggu (15/4).

Namun demikian, Baharuddin belum bisa memastikan besaran anggaran untuk pengadaan alat rekam dan cetak e-KTP tersebut. “Saya tidak bicara anggaran, tentu harus sesuai kemampuan daerah,” ujarnya.

Nantinya, terang dia, Disdukcapil akan berupaya melakukan pengadaan alat rekam dan cetak e-KTP di tiap Kecamatan. Khusus untuk alat cetak tahap awal diprioritaskan bagi Kecamatan yang jumlah penduduknya padat. “Seperti Pekanbaru Kota dan Kecamatan yang wilayahnya tidak luas, itu untuk cetak bisa di Kecamatan yang wilayahnya luas. Tapi untuk Kecamatan yang penduduknya padat seperti Tampan, Marpoyan Damai, Tenayan Raya dan Rumbai Pesisir, itu harus punya alat rekam dan cetak sendiri,” ujarnya mengakhiri.

kepala UPTD Disdukcapil Tampan Tengku Ruzen SE 

Sementara Kepala UPTD Disdukcapil Tampan Tengku Ruzen SE  menyambut baik rencana yang akan dilakukan Disdukcapil Pekanbaru yang dipimpin Baharuddin. Tentu saja dengan adanya penambahan alat perekam E-KTP, masyarakat yang mengantri panjang akan dapat teratasi dengan mudah. “Ini kebijakan yang baik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang saat ini kerepotan untuk merekam E-KTP, dikarenakan di Kecamatan yang penduduknya padat pastilah antrian perekaman E-KTP sangat ramai. Dengan adanya penambahan alat dapat memudahkan petugas untuk melakukan perekaman, dan warga juga tidak bersusah payah untuk mengantri,” ujarnya.

Tengku juga mengatakan jika alat yang dibeli banyak dapat disalurhkan ke Kelurahan maupun ke RT Masing-masing. “Jika yang dibeli alatnya banyak, ini bisa disalurkan ke Kelurahan maupun RT, agar memudahkan masyarakat dan antrian perekaman E-KTP tidak menumpuk di Kecamatan,” ujarnya.

Tengku juga berharap untuk saat ini agar masyarakat dapat bersabar dengan kondisi alat perekam E-KTP karena ada yang rusak. “Jika di Kecamatan ada alat perekam E-KTP yang rusak, masyarakat dapat melakukan perekaman di Kecamatan lain. Untuk kondisi saat ini masyarakat saya harapkan untuk bersabar,” ujarnya. (Joni)

loading...
https://www.facebook.com/Media-Online-Topkota-635075260029474/