Dilaporkan Istri Nikah Tanpa Izin, Oknum PNS Dinas PUPR Simalungun Ditangkap Polres Karo

Oknum PNS Simalungun Maswadi, Tersangka Kawin Halangan saat diabadikan wartawan dalam ruangan Kanit PPA Polres Karo.

TANAH KARO, TOPKOTA.com – Unit PPA Satreskrim Polres Karo kembali menangkap seorang PNS yang kedapatan nikah untuk kedua kalinya tanpa persetujuan istri. Kali ini terjadi terhadap Miswadi (49) Oknum PNS Dinas PUPR Pemkab Simalungun yang terpaksa meringkuk di sel setelah dilaporkan istri sahnya Neng Ellys (45) warga Jalan Patimura Kelurahan Tomuan Kecamatan Siantar Timur Pematang Siantar.

“Oknum PNS ini ditangkap Selasa (9/4) pukul 21.00 Wib di rumah istri mudanya inisial LI, setelah dilaporkan istrinya ke Polres Karo. Korban tidak terima dan merasa keberatan suaminya menikah lagi tanpa izin, sehingga melaporkan ke Polres untuk dituntut sesuai hukum yang berlaku, dengan nomor LP 175/IV/2019/SU/STR tertanggal 09 April 2019,” ujar Kanit PPA Aiptu Antoni Ginting kepada wartawan Kamis (11/4) di ruang kerjanya.

Menurut Kanit, bahwa Tersangka melakukan pernikahan dengan LI tanpa persetujuan dari istri yang syah Neng Ellys dan melaksanakan pernikahan ke Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tiga Panah Kabupaten Karo. “Dasar inilah sehingga istri melaporkan kejadian perkara tersebut,” ujarnya.

Dari laporan tersebut lanjut Kanit, Unit PPA Satreskrim Polres Karo memeriksa sejumlah saksi yakni Muhammad Oddie Utomo (21) bermukim di Jalan Patimura Kota Siantar dan Sunarti (49) bermukim di Jalan Pdt. Wismar Saragih Kelurahan Pondok Sayur Siantar Martoba Kota Pemantang Siantar.

“Selain memeriksa saksi-saksi sejumlah barang bukti berupa 1 pasang buku nikah dengan nomor 197/06/1/1996 dan 1 pasang buku nikah dengan nomor 1032/04/XII/2014 telah diamankan. Sehingga atas kejadian tersebut, tersangka akan kita kenakan Pasal 279 KUHPidana dengan ancaman hukuman penjara selama-lamanya 5 Tahun,” ujar Antoni Ginting kepada wartawan.

Sementara tersangka Miswadi saat diwawancarai wartawan membenarkan dirinya merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bertugas di Dinas PUPR Kabupaten Simalungun. (John Ginting)

https://www.facebook.com/Media-Online-Topkota-635075260029474/