Dihadiri Bupati, Pemkab Sergai Peringati Hari Pramuka Ke-57

Pemkab Sergai saat memperingati HUT Pramuka.

SERGAI, TOPKOTA.com – Pemkab Serdang Badagai menggelar peringatan hari Pramuka ke – 57 yang digelar di halaman eks MTQ Pengajahan, Sabtu (13/10). Dalam kegiatan tersebut diawali dengan defile Kwartir Ranting se Kabupaten Sergai.

Bupati Sergai, Soekirman selaku Ketua Mabicab Sergai berindak sebagai Pembina Upacara sekaligus membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Indonesia Dr Adhyaksa Dault, SH, M.Si, dengan Perwira Upacara Rustam dari Andalan Cabang Sergai serta Komandan Upacara David Tamba dari SMAN 1 Perbaungan.

Usai upacara Hari Pramuka ke-57 tersebut, digelar kegiatan seremonial dalam rangka memeriahkan Hari Pramuka yang di isi dengan pertunjukan bakat tari dan kreasi dari personil Kwartir Ranting se-Sergai.

Dalam laporan Ketua Panitia, Nuralamsyah, SH, M.Hum, mengatakan, Apel besar Hari Pramuka ke-57 Tahun 2018 ini mengambil tema “Pramuka Perekat NKRI” ini yang dihadiri 5.360 Pramuka se-Sergai.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa, menunjukkan eksistensi Gerakan Pramuka di Sergai, juga sebagai sarana menampilkan bakat dan kreativitas serta mempererat rasa persaudaraan sesama anggota Pramuka,” ujarnya.

Sementara Kepala Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Sergai Drs Joni Walker Manik MM menyampaikan bahwa apa yang ditampilkan hari ini adalah wujud kerja keras dari pendidikan di Serdang Bedagai. Betapa banyak halangan untuk berkreasi serta berprestasi, namun pendidikan dan Pramuka Sergai tetap unggul, keren, cerdas dan berani.

Kemudian sambutan Bupati Sergai Ir H Soekirman, Pramuka harus keren, harus cerdas dan harus berani, seperti halnya 3 orang Pramuka yang membacakan Teks Pancasila, Proklamasi dan Dasa Dharma Pramuka diluar kepala dan tanpa salah pada Apel yang baru dilaksanakan.

“Walau kita anak kampung, tapi kita tidak kampungan. Walau para pramuka tidak pegang senjata dan tidak ikut politik praktis, namun semangat perjuangan persatuan bangsa Indonesia para masa perjuangan dahulu penuh dengan peran pandu Pramuka yang menjadikan lagu Indonesia Raya boleh diperdengarkan sehingga menjadi semangat perjuangan bangsa Indonesia hingga merdeka sampai saat ini. Oleh karena itu diminta kepada pembina dan semuanya bahwa kita bangga membimbing adik-adik Pramuka kita disini dengan segala keunggulannya. Kecerdasan seperti tadi perlu diasah bagi semua Pramuka agar siap menghadapi segala tantangan yang ada. Seperti halnya anak Sergai yang menjadi juara pertama Sarhil dan Fahmil Quran pada perhelatan MTQ Nasional ke-72 Tahun 2018 yang baru ditutup kemarin. Sumbangan prestasi tersebut turut andil atas suksesnya Sumut meraih peringkat tiga MTQ Nasional ke-72 Tahun 2018,” ujarmya.

Kehebatan Pramuka ini akan selalu menjadi kenangan seumur hidup. “Sehubungan dengan perhatian pemerintah daerah kepada Pramuka, dalam waktu dekat kita akan memiliki Bumi Perkemahan Pramuka di Pantai Cermin yang lengkap dengan hutannya sehingga para Pramuka dapat mengaplikasikan kecintaan kepada kelestarian alam,” ujarnya.

Terkait makin dekatnya gelaran Pemilu pada 2019 nantinya, dihimbau kepada masyarakat untuk memilih pemimpin yang berasal dari daerah sendiri, hal ini tentu akan dapat membuat Sergai disegani bukan hanya di Sumatera Utara bahkan secara nasional.

Pada akhir acara, turut diserahkan Piala Bupati Sergai kepada pemenang Defile Terbaik dalam rangka Hari Pramuka ke-57 Tahun 2018 yang diraih Kwartir Ranting Perbaungan. Untuk peringkat kedua diraih Kwartir Ranting Dolok Masihul, sementara Kwartir Ranting Pantai Cermin meraih peringkat ketiga. (End)

https://www.facebook.com/Media-Online-Topkota-635075260029474/