Digelar September Mendatang, Dinas Pariwisata Kota Gunung Sitoli Maksimalkan Persiapan Sail Nias

Kadis Pariwisata Kota Gunung Sitoli Meiman Kristian Harefa.

GUNUNG SITOLI, TOPKOTA.com – Kota Gunungsitoli ditunjuk sebagai salah satu tempat dilaksanakan kegiatan Sail Nias di Pulau Nias yang akan digelar pada bulan September mendatang. Untuk memaksimalkan kegiatan tersbut, Kadis Pariwisata Kota Gunung Sitoli Meiman kristian Harefa melakukan beberapa persiapan, Jumat (14/6)

“Kita sudah laksanakan beberapa persiapan diantaranya menghubungi nara sumber dalam kegiatan persiapan seminar internasional yang ahli tentang budaya Nias, diantaranya Pdt Dr Tuhoni Telaumbanua,” Ungkap Meiman.

Lanjutnya, ada beberapa kegiatan yang digelar saat pelaksanaan Sail Nias, terutama untuk mempromosikan budaya dan wisata yang ada di Kepulauan Nias. “di Kota Gunungsitoli ada beberapa kegiatan yang kita laksanakan,  yang pertama kegiatan seminar Internasional,  yang bertujuan mengexpos kebudayaan Nias, lalu Tour kebudayaan hal ini dilaksanakan diseputar kota Gunungsitoli seperti,  mengunjungi rumah adat dan Gua tegidrawa, yang mempunyai sejarah.” Ujarnya.

Selain itu lanjut Kadis, dalam kegiatan tersebut juga akan diadakan Festival Kuliner Koky yang dilaksanakan di Taman Ya’ahowu. “Kita memberikan mereka tempat untuk mempajang produk-produk andalan mereka untuk dipromosikan disana,” ujar Kadis Pariwisata Kota Gunungsitoli di ruang kerjanya.

Salah satu masyarakat Kota Gunungsitoli mengapresiasi kegiatan ini, diantaranya Edward Lahagu yang juga merupakan mantan aktivis GMKI. “Kegiatan ini sangat mengutungkan masyarakat Pulau Nias, dikarenakan dalam kegiatan ini budaya kita dipromosikan supaya para wisatawan datang ke Nias untuk melihat budaya Nias lebih dekat,”  tuturEdward Lahagu yang sehari-hari disebut Edu itu. (AF)

https://www.facebook.com/Media-Online-Topkota-635075260029474/