Bupati Karo Hadiri Pembacaan Remisi Napi Rutan Kelas II B Kabanjahe, 9 Bebas Resmi

Bupati Karo Terkelin Berahmana SH saat yiba di Rutan Kelas IIB Kabanjahe disambut dengan Tari-Tarian.

KABANJAHE, TOPKOTA.com – Dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74, dirasakan benar-benar Merdeka bagi 9 orang warga Binaan Tahan Rumah tahan (Rutan) Kabanjahe kelas II B, yang dapat menghirup udara bebas karena mendapatkan Remisi Bebas, Sabtu (17/8) Sekira Pukul 11.00 WIB.

Pembacaan Remisi inipun langsung dihadiri Bupati Karo Terkelin Berahmana SH dan Wakil Bupati Cory Sebayang Serta Rombongan dan disambut langsung oleh Kepala Rutan Kelas IIB Kabanjahe Simson Bangun SH.

Kepala Rutan Kabanjahe Simson Bangun SH dalam sambutanya menyampaikan, bahwa pada Tahun ini sebanyak 206 orang mendapat Remisi, dan 9 orang dinyatakan Bebas. “Selain itu perlu juga kami sampaikan yang mana kapasitas Warga Binaan sudah overkapasitas seharusnya 160 kini sudah mencapai 450 orang warga binaan,” ujar Simson di hadapan Bupati serta rombongan.

Melalui Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia berdasarkan Keputusan Menteri Hukum Dan Hak Manusia Republik Indonesia Nomor PAS-984Dk. 010102 tahun 2019 tentang pemberian Remisi Umum (RU)  tahun 2019, menteri hukum dan hak asasi manusia RI memberikan Remisi atas warga binan Rutan kelas IIB Kabanjahe sebanyak 206 orang dengan terinci 197 orang mendapat pengurangan masa kurungan tahanan dan 9 orang bebas murni.

Adapun kesembilan orang yang dapat menikmati kemerdekaan dan menghirup udara segar bertepatan hari kemerdekaan terdiri dari 8 laki-laki dan satu perempuan yakni Ayu Dewi Karina, Beriona Sinuhaji, Berndy Sembiring, Dedi Padang, Dian Fajardi, Feri Halomoan Panjaitan, Samion Ginting, Revian Barus,  dan Martinus Siahaan.

Setelah usai pembacaan putusan Bupati Karo Terkelin Brahmana SH bersama jajaran Muspida plus menyalami seluruh hadirin maupun warga Binaan dan seterusnya guna melanjutkan acara penerimaan Kontingan Pawai Kemerdekaan RI 74 di podium penghormatan depan Rumah Dinas Bupati Jalan Veteran Kabanjahe.

Sejumlah wartawan menanyakan perasaan salah seorang Warga Binaan. Perempuan Rutan Kabanjahe Kelas IIB yang bebas atsa nama Ayu Dewi Karlina menyatakan luar biasa, hadiah yang diterimanya di Hari Kemerdekaan. “Saya akan kembali ke kampung, berusaha optimis menjalani hari-hari, dan tidak akan  mau datang ketempat ini lagi, cukup sekali dan yang terakhir,” ujarnya seolah enggan melihat masa lalu. (John Ginting)

https://www.facebook.com/Media-Online-Topkota-635075260029474/