Antisipasi Lonjakan Penduduk, BkkbN Sumut Rangkul Wartawan Atasi Laju Pertumbuhan Penduduk

Kepala Perwakilan BkkbN Sumut Drs Temazaro Zega M.Kes menyampaikan kata sambutannya kepada Wartawan Media cetak, Online dan Elektronik

MEDAN, TOPKOTA.com – Lonjakan penduduk begitu sangat memprihatinkan disaat ini, hingga diperlukan kerjasama semua pihak untuk melakukan antisipasi peningkatan pertumbuhan penduduk. Terkait hal tersebut, Perwakilan BkkbN Sumatera Utara mengundang perwakilan Wartawan Kab/Kota untuk mengikuti kegiatan Pengembangan Advokasi dan KIE melalui media massa cetak dan Elektronik di aula gedung lantai 1 Hotel Grand Antares, Medan, Senin Petang, (16/4).

Salah satu panitia acara Yusrodi Rangkuti S.Sos dalam laporan pembukaan kegiatan memaparkan jika Keberadaan Media Massa dan Elektronik di semua tingkatan wilayah dalam kehidupan masyarakat sangatlah strategis, sebab Media Massa adalah sarana sumber informasi  bagi masyarakat dan keluarga. Berkenaan sesuatu ide yang belum atau tidak dipahami oleh masyarakat atau sekelompok masyarakat.

“Peranan Media Massa Cetak, Online dan Elektronik dalam kegiatan Advokasi dan KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) program kependudukan Keluarga Berencana (KB) dan pembangunan keluarga, harus dibangun dan dikembangkan terus menerus melalui berbagai kegiatan, agar peran yang dijalankan dalam membangun keluarga kecil bahagia sejahtera,” jelas Yusrodi.

Menurutnya, melalui program kependudukan Keluarga Berencana dan pembangunan keluarga dapat berjalan secara optimal. Maka dirasa perlu untuk melakukan kegiatan dengan Pengembangan Advokasi dan KIE, dan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) tingkat Provinsi, dan Kab/Kota.

Yusrodi juga menyampaikan, bahwa tujuan kegiatan tersebut agar memperluas jaringan pelaksanaan kegiatan Advokasi dan KIE serta program KKBPK kepada semua tingkatan masyarakat dan keluarga, melalui Media Massa baik cetak, online dan elektronik dapat meningkatkan partisipasi masyarakat pengguna media massa cetak, online dan elektronik dalam mendapatkan informasi program KKBPK.

Yusrodi juga berharap, agar petugas lapangan KB dapat berkerjasama dengan media massa dalam melaksanakan kegiatan sosialisasi tersebut.

Sementara Kepala Perwakilan BkkbN Sumut Drs Temazaro Zega M.Kes dalam kata sambutannya mengatakan, bahwa dari sisi sebenarnya program Kependudukan KB dan pembangunan keluarga tersebut tujuannya bukan hanya semata-mata soal membatasi kelahiran dan mengendalikan penduduk tapi ditujukan lebih diutamakan kepada bagaimana meningkatkan kesejahteraan keluarga dan meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak.

“Pada Tahun 1967, Pemerintahan Presiden Soeharto menandatangani deklarasi kependudukan dunia, bahwa Indonesia turut bertanggung jawab untuk mengatur kesejahteraan masyarakat, melalui pengendalian penduduk,” ucap Temazaro.

Temazaro juga menyampaikan bahwa jika saat ini penurunan pertumbuhan penduduk sejak Tahun 2012 – 2017 belum begitu optimal, penurunan penduduk ke skala Nasional hanya berkisar 2% dan untuk Provinsi Sumatera Utara hanya sebatas 0,1%.

Kegiatan acara tersebut di agendakan selama 3 hari ke depan yakni terhitung Tanggal 16-18 April 2018. Turut hadir pada acara tersebut Plt Kabid Adpin Perwakilan BkkbN Sumut Yusrizal Batubara, Puluhan awak media cetak dan Elektronik serta pengurus atau panitia dari Perwakilan BkkbN Prov. Sumut. (Zainul)

https://www.facebook.com/Media-Online-Topkota-635075260029474/